×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Tarian

Asal Daerah

Kab Tabanan

Tari Baris Kurkwak, Basang Gede, Dan Baris Dadap Tradisi Tabanan

Tanggal 14 May 2020 oleh Widra .

Latar Belakang Pada jaman kerajaan di Bali pada umumnya upacara keagamaan merupakan suatu upacara yang disakralkan. Salah satunya seperti upacara Ngaben yang telah tercatat dalam meorandum dunia. Pada prosesi karya Pitra Yadnya pada tingkatan madyaning utama, biasanya beberapa acara atau proses sakralisasi merupakan rangkaian yadnya seperti; mareresik, muspa, dan tarpanasaji. Sehari sebelum layon (mayat) di kremasi di rudrabhumi (setra/makam), biasanya terdapat prosesi karya muspa/saji dan munggah damar kurung. Baris kurkwak, baris basang gede, dan baris dapdap merupakan tarian sakral/tari wali guna untuk mengerenteban proses yadnya tersebut yang tidak terlepas dari hakekat ketatwaning yadnya (gegitan (nanyian), tetangguran, sasolahan/tari dan puja pangastawa), karena hal tersebut, terketuklah hati para seniman pada jamannya tersebut antara lain: AA Made Pasek, Pekak Krawa, Pekak Chandra, Pan Sweca Kader, Pan Subala, Pan Sweta, Pan Rasmin (kesemuanya telah almarhum). Tentunya atas prakarsa dari tokoh seni ini, kemudian disambut baik oleh Ida Anglurah Kurambitan ( Ida AA Ngurah Anom Mayun) selaku jejeneng Adat Bale Agung Kurambitan. Mulailah Penggarapan Tari kurkuwak, baris basing gede dan baris dapdap, sekitar tahun 1938-an, dimana Bale Gong Banjar Tengah di plaspas wuku pahang 1936, sedangkan piodalannya dilaksanakan Saniscara Krulut.

Ciri-ciri tarian ini antara lain:

Baris Kurkuwak: Berpakaian dari keraras (dedaunan pisang yang tela kering), pelepah daun jaka (pelapah enau), dan beberapa dedaunan yang lainnya. Burung Garuda (paksi Raja): Berpakaian burung paksi Kelek: Berpakaian raksasa berwajah seram dengan membawa dua buah klatkat berisi sate lilit manis membentuk pengideran nawa sanga Baris Basang Gede: Berpakaian tetupengan, perut besar, berkacamata hitam, udeng kain poleng (dililitkan),dan membawa tombak. Baris Dadap: Berpakaian putih, celana putih dengan aksesories gelang kana, membawa satu buah perahu

Sinopsis cerita:

Alkisah Sang Paksi mencari tirta Amertha (Khamandalu), dalam perjalanan tugas penting atas perintah dari Hyang Bethara Wisnu tersebut, berjumpalah sang Paksi dengan sekelompok burung yang habitatnya di daerah rawa-rawa (manuk rawa/kurkwak). Kelompok burng kurkwak ini sangat kagum melihat kegagahan si Paksi Raja ini, dan memohon agar diikutkan dalam misi mulia itu sebagai abdi Bhatara Wisnu.

Pada saat yang bersamaan, datanglah kemudian Kingkira Bala Brahma (abdi/ mahapatih dari Bhatara Brahma), dengan maksud yang sama dengan si Paksi Raja yaitu mencari thirtha kamandalu. Pada akhirnya, thirta tersebut diserahkan oleh sang Paksi Raja kepada Kingkirabala (Kelek) untuk dihaturkan ke tempat yadnya. Pengawalan tirta ini kemudian disimbolkan dengan baris Basang Gede yang bersenjata tombak yang mengawal tirtha ini agar sampai di tempat sang pitara.FilosofiBaris Dadap sebagai simbolisasi Iswara (pralina), jukung/perahu, yang dipegang pada tangan kiri si penari mensimbolkan sebagai penghantar Sang Atma menuju suralaya/sangkan paraning dumadi/tempat asal dari segala asal. Filosofi dari baris kuurkwak, baris basang gede, dan baris dadap adalah simbol dari Tri Kona atau Tri Murti (Brahma, Wisnu, Iswara /Utpathi, Shtiti, Pralina) merupakan hakekat proses kehidupan.

Posisi Penari Baris kurkwak menari di bancingah dihadapan Sanggah Tutuan, hakekat Wisnu sebagai pemelihara. Baris Basang Gede menari di ancaksaji/jaba tengah, hakekat Brahma sebagai pencipta. Baris Dadap menari di depan bale pawedan menghadap ke bale semanggen/genah layon(tempat mayat di tempatkan), hakekat Iswara sebagai pemrelina.

koleksi foto: tabanankab.go.id

DISKUSI


TERBARU


Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

Pertunjukan Man...

Oleh Bukantokohpublik24 | 15 Sep 2024.
Seni Budaya

Debus merupakan salah satu kesenian tradisional yang terdapat di Provinsi Banten. Pada awalnya, debus berfungsi sebagai sarana untuk menyebarkan aj...

Budaya Begalan...

Oleh Aniasalsabila | 12 Sep 2024.
Budaya Begalan

Budaya Begalan merupakan salah satu tradisi adat yang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat di wilayah Banyumas, termasuk di Kabupaten Cilaca...

Seni Pertunjuka...

Oleh Radhityamahdy | 02 Sep 2024.
budaya

Seni pertunjukan wayang kulit merupakan salah satu bentuk teater tradisional yang kaya akan nilai budaya dan artistik. Berakar dari kebudayaan Jawa,...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...