Ampo

Tanggal oleh Syifasafina
Kategori: Makanan
Elemen Budaya: Makanan Minuman
Provinsi: Jawa Timur
Asal Daerah: Tuban

Makanan dari tanah liat yang diberi nama "Ampo" ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat Tuban dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. Tuban merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memakan tanah panggang. Memang ada orang-orang lain di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya, tapi tidak ada yang memakan tanah panggang. Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ampo sejak dia masih kecil dan ampo mendinginkan perutnya.

 

Cara Membuat Ampo:

1. Pisahkan Tanah Liat Dengan Kerikil dan Pasir

Pada tahap ini tanah dipilah-pilah antara yang lembut dan yang kasar. Seperti halnya membuat adonan jajanan, maka keseragaman tanah menentukan kenikmatan dan kepulenan cemilan yang dihasilkan nantinya.

2. Bentuk Tanah Menjadi Kotak-Kotak

Kalau dalam membuat kue ada istilah kalis, disini juga demikian, membuat adonan tanh liat menajdi bentuk kotak menunjukan bahwa adonan sudah kalis. Kalis sendiri berarti komposisi tanah dan air sudah merata pada setiap bagian adonan. Ciri adonan tanah liat yang kalis dilihat dari sudah tidak lengket pada telapak tangan.

3. Bentuk Stick/batangan

Tanah liat dibentuk menjadi stik, pembuatannya mirip dengan pembuatan wafer stick atau astor.

4. Bakar Tanah Liat

Setelah tanah liat dibentuk menjadi stick, kemudian dipanggang diatas tungku tradisional sampai mengeras dan kering. Tanah liat diletakkan diatas wajan dengan pemanasan tungku dan kayu.

5. Disajikan

Setelah semua proses dilalui maka tanah liat siap disajikan.

 

Sumber:

  • https://www.kaskus.co.id/thread/50c879b5562acf8d0a000023/ampo-makanan-yang-terbuat-dari-tanah-liat-plus-resepnya/

syifasafina_Tahap1.jpg

syifasafina_Tahap2.jpg

syifasafina_Tahap3.jpg

syifasafina_Tahap4.jpg

syifasafina_AMPO.jpg