|
|
|
|
Sunda Wiwitan Tanggal 05 Mar 2021 oleh Muhammad Riza. |
Sunda Wiwitan merupakan salah satu dari banyaknya kepercayaan lokal yang ada di Indonesia. Dilihat dari namanya, dapat ditebak jika Sunda Wiwitan berasal dari daerah Jawa Barat. Suku Baduy adalah suku yang menganut kepercayaan ini. Wiwitan sendiri mengandung makna asal, pokok, pemula atau pertama. Sunda Wiwitan juga biasa disebut sebagai kepercayaan Jati Sunda atau Sunda asal atau Sunda asli. Menurut penuturan masyarakat Suku Baduy, leluhur mereka mempunyai hubungan langsung dengan Adam (manusia pertama). Sunda Wiwitan juga diyakini sebagai asal usul atau pangkal dari semua agama yang ada di dunia ini. Dasar etis agama Sunda Wiwitan, tercermin pada pandangan masyarakat Baduy dalam memelihara keseimbangan hubungan antara manusia dengan sesamanya, dengan lingkungan dan dengan Tuhan. (Indrawardana, 2014).
Lebih lanjut, Indrawardana menjelaskan jika dasar religi masyarakat Baduy dalam ajaran Sunda Wiwitan adalah kepercayaan yang bersifat monoteistis, penghormatan kepada roh nenek moyang dan kepercayaan kepada satu kekuasaan yakni Sanghyang Keresa (Yang Maha Kuasa), yang mereka sebut sebagai Batara Tunggal (Yang Maha Esa), Batara Jagat (Penguasa Alam) dan Batara Seda Nikala (Yang Maha Gaib) serta bersemayam di Buwana Nyungcung (Buana Atas). Menurut komunitas AKUR Cigugur Kuningan, yang dahulu dikenal sebagai penganut ADS (Ajaran Djawa Sunda) dan juga penganut paham Sunda Wiwitan, mereka percaya Tuhan sebagai Yang Maha Esa. Menurutnya, Tuhan yang menciptakan alam semesta beserta segala isinya. Tuhan juga tidak jauh dan tidak dapat dipisah dari ciptaannya, terutama manusia sebagai makhluk ciptaannya yang paling sempurna.
Kiblat ibadah pemujaan penganut Sunda Wiwitan disebut Sasaka Domas atau Sasaka Pusaka Buana. Sasaka Domas adalah bangunan punden berundak yang memiliki tujuh tingkatan. Tiap tingkatan diberi hambaro (benteng) yang terdiri atas susunan menhir dari batu kali. Sasaka Domas diyakini sebagai tempat suci dan keramat para nenek moyang berkumpul. Di tanah suci tersebut, penganut Sunda Wiwitan melaksanakan ritual pemujaannya. Ritus mujanya adalah ziarah memanjatkan doa dan membersihkan objek utama pemujaan Baduy. Tujuan utamanya untuk memjua para roh nenek moyang dan menyucikan pusat dunia. Ritual ini dilaksanakan selama tiga hari (tanggal 16, 17 dan 18) pada bulan kelima. Waktu tiga hari tersebut terdiri dari pergi dan pulang selama dua hari dan sehari untuk ibadah ritual muja (Wahid, 2011).
DAFTAR PUSTAKA Indrawardana, Ira. (2014). Berketuhanan dalam Perspektif Kepercayaan Sunda Wiwitan. Bandung: Universitas Katholik Parahyangan Wahid, Masykur. (2011). SUNDA WIWITAN BADUY: Agama Penjaga Alam Lindung di Desa Kanekes Banten. Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Gambus
Oleh
agus deden
| 21 Jun 2012.
Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual... |
Hukum Adat Suku...
Oleh
Riduwan Philly
| 23 Jan 2015.
Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dal... |
Fuu
Oleh
Sobat Budaya
| 25 Jun 2014.
Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend... |
Ukiran Gorga Si...
Oleh
hokky saavedra
| 09 Apr 2012.
Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai... |