×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Budaya

Elemen Budaya

Permainan Tradisional

Provinsi

Jawa Timur

Asal Daerah

Indonesia

Olahraga yang Sudah Jadi Budaya di Indonesia [Olahraga Tradisional]

Tanggal 21 Sep 2022 oleh Sakurrivaldo .

Ada yang masih ingat macam-macam olahraga tradisional Indonesia?

Sekarang, banyak permainan dan olahraga tradisional telah digantikan oleh modernisasi. Akhirnya banyak penerus bangsa yang bahkan tidak mengetahui tentang warisan budaya negara tersebut.

Olahraga tradisional adalah semua kegiatan olahraga yang telah diakui sebagai tradisi turun temurun dari suatu suku, suku, atau kelompok budaya tertentu di Indonesia.

Olahraga tradisional biasanya bergantung pada kekuatan, kelenturan, kecepatan dan ketepatan reaksi para pemainnya.

Mari mulai ajak si kecil belajar berbagai macam olahraga tradisional. Bahkan, beberapa di antaranya sudah resmi menjadi olahraga nasional dan internasional, lho!

Olahraga Tradisional Indonesia

Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya.

Bagaimana tidak, ada ratusan suku yang mendiami seluruh wilayah negara ini dari Sabang sampai Merauke, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Tidak hanya menari, mainan, pakaian dan makanan, Indonesia juga memiliki beragam olahraga tradisional.

Pacu Jalur

Jika Anda berlibur ke Riau, sangat direkomendasikan untuk melihat salah satu olahraga tradisional yang terkenal dari Riau yaitu Pacu Path.

Olahraga tradisional arung jeram pada awalnya hanya diadakan di desa-desa di sepanjang Sungai Kuantan untuk merayakan hari besar Islam.

Seperti kelahiran Nabi Muhammad, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, Idul Fitri atau Tahun Baru di bulan Muharram.

Namun kini, trek tersebut juga sudah masuk dalam event tahunan nasional yang berlangsung setiap 23-26 Agustus.

Selain itu, lintasan balap juga menjadi salah satu cabang olahraga yang rutin dipertandingkan di ajang SEA Games.

Secara umum kapal yang digunakan di runway memiliki panjang 25-40 meter dan lebar 1,3-1,5 meter.

Setiap perahu bisa menampung 40-60 orang. Menariknya, perahu-perahu yang digunakan di landasan pacu dihiasi dengan dekorasi yang unik dan berwarna-warni.

Jemparingan

Di Yogyakarta, ada satu jenis olahraga tradisional yang dilestarikan secara turun temurun sejak abad ke-17, lho. Nama olahraganya adalah Jimbaran.

Olahraga ini sudah ada sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkou Buono I.

Nah, berbeda dengan memanah pada umumnya yang dilakukan sambil berdiri, Jambaringan dilakukan dengan posisi jongkok.

Pemanah juga menembak tidak di depan mata, tetapi dengan menempatkan busur di depan perut.

Jadi bidikan didasarkan pada perasaan menembak. Siapa pun yang menembakkan panah paling banyak ke gawang adalah pemenangnya.

Jimbarangan tidak hanya dilihat sebagai olahraga tetapi juga kaya akan nilai-nilai tradisional dan filosofis. Ya, olahraga ini memiliki nilai kesatria.

Keempat nilai ksatria tersebut adalah sawiji yang berarti fokus, kekuatan yang berarti semangat, sengguh yang berarti percaya diri, dan ora mingkuh yang berarti rasa tanggung jawab.

Pencak silat

Pencak silat telah diakui oleh UNESCO (badan PBB yang fokus pada sejarah dan budaya) sebagai Warisan Sejarah Takbenda Indonesia.

Selain itu, olahraga tradisional ini juga diakui dunia olahraga internasional saat pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018.

Olahraga ini juga menjadi universal di dunia perfilman melalui karya Eko Uwais dan Yayan Rohyan yang dikenal dengan Mad Dog melalui The Raid.

Selain unsur olahraga, pencak silat juga mencakup aspek mental, spiritual, dan bela diri serta seni.

Gerakan dan pola pencak silat sangat dipengaruhi oleh berbagai unsur, seperti kesatuan tubuh dan gerakan sesuai dengan musik pengiring.

Istilah "pencak" lebih dikenal di Jawa, sedangkan nama "silat" lebih umum di Sumatera Barat.

Sebagai olahraga tradisional Indonesia, setiap daerah memiliki ciri khas gerakan, gaya, pengawalan, musik dan peralatan pendukung (kostum, alat musik, senjata).

Egrang

Egrang adalah olahraga yang menggunakan tongkat panjang yang fungsinya mirip dengan kaki. Olahraga tradisional Indonesia ini membutuhkan kekuatan fisik dan keterampilan.

Jadi, meskipun terdengar mudah, Anda mungkin harus berlatih beberapa kali sebelum menguasai permainan ini.

Sepak Takraw

Di dunia internasional, Sepak Takru dikenal sebagai olahraga khas di negara-negara Asia Tenggara, khususnya Malaysia.

Orang Indonesia baru mengenal olahraga tradisional ini ketika tim Sepak Takru Malaysia dan Singapura mengunjungi negara itu pada tahun 1970-an.

Namun nyatanya, Indonesia sudah mengenal jenis permainan ini sejak abad ke-15 dengan nama sepak bola.

Sepak takraw adalah permainan tradisional yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan (takraw) di atas lapangan datar dengan jaring sebagai pembatas area dengan tim lawan seperti pada bulu tangkis.

Pemain dapat menggunakan seluruh bagian tubuh dalam olahraga ini, terutama kaki, kecuali tangan.

Olahraga tradisional Indonesia ini dimainkan secara beregu, setiap regu terdiri dari 3 orang.

Sepak takraw sudah sering dipertandingkan di event-event internasional, seperti SEA Games dan Asian Games.

Karapan sapi

Karapan sapi termasuk dalam kategori olahraga balap yang berasal dari daerah Madura.

Olahraga tradisional Indonesia ini mirip dengan pacuan kuda, tetapi menggunakan sapi dan dipraktikkan di lahan basah seperti sawah yang tidak ditanami.

Kunci dari olahraga ini adalah kepiawaian pembalapnya agar sapi bisa melaju secepat mungkin ke garis finis. Namun, tidak jarang permainan ini bergantung pada keberuntungan.

Bedil Jepret

Olahraga tradisional lainnya adalah Bedil Jepret yang biasa dimainkan anak-anak Sunda di sawah sambil menunggu orang tua menanam.

Nama senapan digunakan karena olahraga tradisional ini dimainkan dengan cara menembak seperti senapan.

Petik biasanya terbuat dari bambu kuning tua.

Cara membuatnya sangat sederhana. Mula-mula bambu dipotong sampai ujungnya, kemudian diberi rongga dengan panjang 15 cm dan lebar 5 cm.

Di bagian belakang, ditutupi dengan sebatang bambu, juga ada rongga untuk memasukkan bambu lempar.

Uniknya, peluncur ini juga terbuat dari bambu yang dipotong rata sehingga bisa dengan mudah ditekuk.

Kemudian, pemicu ini dapat memulai benih timah yang dimasukkan ke dalam bambu.

Jika dulu anak-anak menggunakan kerikil sebagai peluru, sekarang peluru yang digunakan adalah lencana. Sumber artikel seputar olahraga juga bisa anda https://rawrgame.com/ ya.

DISKUSI


TERBARU


Motif Batik Gan...

Oleh Wulan | 26 Sep 2022.
kain

Salah satu motif batik unik yang hanya bisa dijumpai di Desa Bakaran Wetan dan Desa Bakaran Kulon ini adalah motif gandrung. Motif gandrung berupa ga...

Motif Batik Gan...

Oleh Wulan | 26 Sep 2022.
kain

Nama motif batik ganggeng berasal dari kata ganggeng yang berarti ganggang laut atau alga. Oleh karena itu, dalam batik ini mengandung pengertian tum...

Cara Agar Kenar...

Oleh Evanurkalina | 23 Sep 2022.
Burung

Burung kenari yang mampu bersuara dengan durasi panjang tentu akan menjadikan penampilannya kian istimewa, khususnya pada saat dilombakan. Untuk menj...

Olahraga yang S...

Oleh Sakurrivaldo | 21 Sep 2022.
Budaya

Ada yang masih ingat macam-macam olahraga tradisional Indonesia? Sekarang, banyak permainan dan olahraga tradisional telah digantikan oleh modernis...

Kumpulan Suara...

Oleh Evanurkalina | 20 Sep 2022.
Burung

Pemilik burung kicauan tentunya yang menjadikannya tetap asyik untuk memeliharanya adalah mencapai hasil yang baik untuk kicauan yang bisa di keluark...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...