|
|
|
|
Marraja (Bermain Raja) Tanggal 02 Jun 2023 oleh Hokker . |
Ketangkasan, kecerdikan, kerja sama beregu, kejujuran, dan sportifitas, adalah kunci dari permainan ini. Terdiri dari dua regu, masing-masing memiliki anggota antara 4 sampai 6 orang, menggunakan area seluas kampung. Biasanya dimainkan pada malam hari, karena itu hanya oleh anak laki. Pemilihan pemain antara kedua regu dilakukan cara memasangkan dua orang yang umur dan kelincahan tubuhnya kira-kira setara, lalu diundi dengan “marpis’ atau ‘suit’ untuk menentukan masuk regu mana. Masing-masing regu punya seorang pemimpin yang disebut ‘raja’. Sedangkan perlengkapan yang diperlukan hanya sebatang pohon atau tiang listrik yang akan disebut ‘tuul’, bagaikan pos atau benteng yang diperebutkan dengan cara menyentuhnya. Areal permainan menggunakan kompleks perumahan atau kampung. Sebelum permainan dimulai, kedua ‘raja’ berunding untuk menentukan aturan main. Misalnya, tolu tuul tolu dapot. Tolu berarti tiga. Lalu kedua raja mengundi dengan cara “marpis atau ‘suit’untuk menentukan siapa yang lebih dulu bermain sebagai penyerang atau regu bertahan.
Misalkan melalui undian ‘marpis’ atau ‘suit’ Regu si Hulman mendapat kesempatan menyerang sedangkan Regu si Goklas bertahan. Regu si Hulman akan pergi menjauhi ‘tuul’. Mereka bersembunyi dan mengatur siasat bagaimana melakukan serangan untuk merebut ‘tuul’. Dari arah mana serangan dimulai dan anggota mana yang akan menerobos untuk menyentuh ‘tuul’. Sebaliknya Regu si Goklas akan mengatur siasat, siapa yang bertahan di ‘tuul’ dan siapa yang akan pergi memburu Regu si Hulman. Mereka akan berkejar-kejaran. Regu si Goklas akan berusaha 'men-dapot' dengan cara menyentuh pakaian atau bagian tubuh anggota Regu si Hulman. Di lain pihak, Regu si Hulman akan berusaha mengelak agar tidak tersentuh sambil berusaha mendekati ‘tuul’ untuk menyentuhnya. Regu si Hulman berusaha agar 3 orang anggotanya berhasil menyentuh tuul' sementara regu si Goklas berusaha menyentuh atau men-dapot 3 orang anggota Regu si Hulman. Pemain pertama penyerang yang berhasil menyentuh tuul akan berseru: Tuul sadai Atau tuul dua! Tuul tolu! Sebaliknya Pemain regu bertahan yang berhasil menyentuh lawan akan segera berteriak: Dapot Regu mana yang lebih dulu mencapai target yang disepakati, akan menjadi pemenang. Kesepakatan tidak selalu harus pada target yang sama besar, misal tiga tuul tiga dapot. Bisa juga tiga tuul dua dapot, atau sebaliknya. Tergantung pada kesepakatan.
Permainan ini menuntut kejujuran, sportifitas. Jangan sampai ada yang nakal. Misalkan, Regu si Goklas mendapat giliran menjadi penyerang. Mereka pergi bersembunyi di kegelapan malam. Tetapi sebenarnya mereka tidak bersembunyi, ternyata jalan-jalan ke tempat lain, atau diam-diam pulang ke rumah masing-masing dan tidur. Sementara Regu si Hulman akan lelah mencari-cari, anggotanya yang berjaga di tuul pun terkantuk-kantuk.
Sumber: Tambunan, Saut Poltak. Permainan Tradisional Anak Danau Toba. Selasar Pena Talenta. April 2022. Jakarta, Indonesia.
Gambus
Oleh
agus deden
| 21 Jun 2012.
Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual... |
Hukum Adat Suku...
Oleh
Riduwan Philly
| 23 Jan 2015.
Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dal... |
Fuu
Oleh
Sobat Budaya
| 25 Jun 2014.
Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend... |
Ukiran Gorga Si...
Oleh
hokky saavedra
| 09 Apr 2012.
Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai... |