×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Arsitektur

Asal Daerah

Indonesia dan Dunia

Macam Macam Ciri Khas Arsitektur Peradaban Dunia

Tanggal 04 Nov 2023 oleh Sakurrivaldo . Revisi 2 oleh Sakurrivaldo pada 04 Nov 2023.

Melakukan perjalanan lintas negara untuk mengenal budaya setempat merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Selama perjalanan seperti ini, kita seringkali terpesona oleh bangunan-bangunan megah yang menghiasi kota-kota berbagai negara. Namun, terkadang kita lupa untuk merenungkan lebih dalam tentang gaya arsitektur yang menghiasi bangunan-bangunan tersebut. Padahal, di balik keindahan fisiknya, arsitektur juga menyimpan filosofi, konsep, kisah, dan sejarah yang tak kalah menarik.

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa gaya arsitektur yang telah memengaruhi dunia dan masih menjadi inspirasi bagi para perancang hingga saat ini. Gaya arsitektur ini akan kita urutkan berdasarkan perkembangannya seiring berjalannya waktu.

Macam Macam Jenis Arsitektur dalam Sejarah yang Berperan Besar Dalam Kemajuan Dunia Desain Arsitektur

Dibawah ini kami rangkum beberapa ciri khas dari beberapa jenis arsitektur, sebelum itu lihat juga affiliate marketing jasa desain arsitektur, dan juga bagaimana kita belajar menciptakan desain sekaligus strategi marketing digital yang maksimal. Ok lanjut!

Arsitektur Klasik (Yunani dan Romawi)

Arsitektur klasik merupakan gaya arsitektur yang berasal dari akar budaya Yunani dan Romawi Kuno. Gaya arsitektur ini mulai berkembang pada abad ke-5 SM di Yunani dan mencapai puncaknya pada abad ke-3 M di Roma. Sejak saat itu, desain arsitektur klasik telah menjadi sumber inspirasi utama bagi para arsitek dari berbagai generasi. Beberapa arsitek terkenal dalam sejarah telah sangat terinspirasi oleh elemen-elemen arsitektur klasik ini, bahkan ada yang menciptakan replika yang setia terhadap bentuk-bentuk klasiknya.

Arsitektur klasik mempengaruhi perkembangan arsitektur hingga ke era Victoria, di mana beberapa arsitek bahkan menerapkan pendekatan eklektik. Pendekatan ini melibatkan penggabungan motif dan bentuk-bentuk klasik dengan inovasi baru, menciptakan gaya arsitektur yang memadukan elemen-elemen klasik dengan unsur-unsur kontemporer. Sehingga, arsitektur klasik tidak hanya menjadi sebuah warisan bersejarah, tetapi juga menjadi inspirasi yang abadi dalam dunia arsitektur.

Arsitektur Mesir Kuno, 3050 SM-900 SM

Tidaklah mengherankan bahwa peradaban Mesir memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam sejarah arsitektur, dengan piramida menjadi salah satu ikonnya. Namun, piramida bukanlah satu-satunya ekspresi arsitektural yang mencerminkan kekayaan budaya Mesir. Sebelum pembangunan piramida, masyarakat Mesir kreatif dalam merancang beragam struktur, termasuk kompleks candi yang sangat rinci, gedung administrasi, kuil, makam, dan bahkan rumah-rumah pribadi dan bangsawan.

Salah satu pencapaian luar biasa dalam arsitektur Mesir adalah piramida pertama, seperti Piramida Djoser di Saqqara, dan Piramida di Giza dari masa Kerajaan Lama (2613-2181 SM). Kedua piramida ini dianggap sebagai puncak dari bakat dan keterampilan yang luar biasa pada zamannya. Gaya arsitektur klasik yang berkembang kemudian juga terinspirasi oleh beberapa elemen dari arsitektur Mesir, seperti penggunaan obelisk dalam arsitektur Romawi dan motif kolom bergaya Yunani yang memiliki akar dalam tradisi arsitektur Mesir kuno.

Arsitektur Mesoamerika, 2000 SM-1519 M

Arsitektur Mesoamerika, atau yang sering disebut sebagai arsitektur Pra-Columbus, mencakup beragam bangunan yang dibangun oleh budaya asli di wilayah yang membentang dari Meksiko tengah hingga Kosta Rika Utara di Amerika Tengah. Pada masa perancangan arsitektur ini, perencanaan kota dan struktur bangunan sangat dipengaruhi oleh keyakinan mitologis dan agama masyarakat setempat. Mereka meyakini bahwa gaya dan desain arsitektur mencerminkan iman dan spiritualitas mereka.

Arsitektur Mesoamerika terutama dikenal dengan gaya arsitektur Maya dan piramida berundak yang menjadi ikonik. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan batu yang berat dalam konstruksi. Untuk mengatasi keterbatasan teknologi mereka, mereka menggunakan tenaga kerja dalam jumlah besar secara inovatif. Contoh nyata dari arsitektur Pra-Columbus ini adalah Piramida El Castillo, yang menjadi representasi luar biasa dari pencapaian arsitektur tersebut.

Banyak arsitek terkenal, termasuk Frank Lloyd Wright, terinspirasi oleh gaya arsitektur Mesoamerika ini. Frank Lloyd Wright mengadopsi elemen-elemen dari arsitektur ini dalam karyanya pada abad ke-20, terutama dalam periode antara tahun 1920-an dan 1930-an, menggabungkan unsur-unsur inovatif ini ke dalam karya arsitekturalnya yang terkenal.

Arsitektur Gotik, 1150-1530 M

Gaya arsitektur Gotik mendominasi sebagian besar gereja paling terkenal di Eropa. Di Perancis dan negara-negara Eropa lainnya, kita akan menemukan karakteristik seperti kubah berusuk, lengkungan runcing, dan penopang terbang yang memperindah banyak struktur. Jika Anda pernah mengunjungi salah satu gereja yang mengambil inspirasi dari gaya arsitektur Gotik ini, Anda pasti akan terpesona oleh cahaya alami yang membanjiri interior gereja melalui jendela kaca patri yang unik.

Contoh yang sangat terkenal dari arsitektur Gotik Perancis adalah Katedral Notre Dame dan Katedral Milano di Italia, keduanya menjulang tinggi dengan kemegahan langgam Gotik yang menjadi ciri khasnya. Gaya arsitektur ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya warisan budaya dan sejarah Eropa, menciptakan ruang suci yang mempesona bagi para pengunjung dan pemeluk agama sepanjang berabad-abad.

Arsitektur Bizantium, 527-1453 M

Arsitektur Bizantium berkembang ketika Kaisar Konstantin memindahkan ibu kota Kekaisaran Romawi ke Konstantinopel pada tahun 330 M, yang saat ini dikenal sebagai Istanbul. Pada masa ini, konstruksi gereja menjadi sangat signifikan, menggabungkan denah salib Yunani dan bahan bangunan seperti batu bata dan mortar. Penggunaan bahan bangunan ini dikombinasikan dengan pola geometris yang rumit, yang dirancang untuk tujuan dekoratif.

Sebagian besar struktur ikonik dalam arsitektur Bizantium muncul pada masa kejayaan kekaisaran, terutama selama periode era tengah. Salah satu pencapaian paling ikonik dalam arsitektur Bizantium adalah Hagia Sophia, yang mencerminkan teknik dan desain yang khas dari periode tersebut. Hagia Sophia menjadi simbol luar biasa dari arsitektur Bizantium yang menggabungkan elemen-elemen estetis dan teknis dengan indahnya.

DISKUSI


TERBARU


Diniyohu dan Ma...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Makanan Tradisional Gorontalo

Diniyohu, Ilabulo, Binthe Biluhuta, Dabu-Dabu Sagela

Omu dan Kue Ker...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Minuman dan Kue Tradisional

Minuman Omu dan Kue Kering tradisional Gorontalo

Menjelajahi Kek...

Oleh Nikeisha | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Menjelajahi Kek...

Oleh Kelis | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Budaya adat bet...

Oleh Rizka Vivi Aurelia | 18 May 2024.
Seni pertunjukan dan Makanan khas betawi

Perkenalkan Saya Rizka Vivi Aurelia, Saat ini saya berusia 21 tahun, saya ingin mengikuti perlombaan dari budaya indonesia. semoga hasil dari editing...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...