×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Makanan

Elemen Budaya

Makanan Minuman

Provinsi

DI Jogjakarta

Asal Daerah

Desa Sumberejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul

Kue Apem, Representasi Ritual Makanan Saat Lebaran

Tanggal 04 May 2023 oleh Haha_akbarsyafanugraha_21 . Revisi 2 oleh Haha_akbarsyafanugraha_21 pada 04 May 2023.

Apem (apam) merupakan hidangan kue tradisional yang dimasak dengan pemanggang atau penggorengan. Bentuknya mirip serabi, tetapi lebih besar dan tebal. Warna apem pun beragam, ada yang memberi warna merah muda hingga hijau sesuai selera. Apem digunakan dalam berbagai kenduri dalam masyarakat Jawa.

Istilah apem diyakini berasal dari kata bahasa Arab, yaitu afwan atau affuwun. Maknanya adalah maaf atau ampunan. Karena masyarakat Jawa kesusahan untuk menyebutkan kata dalam bahasa Arab itu, mereka pun menyebutnya apem. Apem merupakan simbol permohonan ampun kepada Tuhan atas berbagai kesalahan. Hal itulah yang menjadikan apem sebagai representasi ritual saat lebaran pada masyarakat Desa Sumberejo, Gunung Kidul. Mereka meyakini bahwa apem sebagai lambang makanan untuk membersihkan hati dari perbuatan salah maupun khilaf dengan saling bersilaturahmi maaf memaafkan saat hari raya tiba. Biasanya di penghujung Ramadhan atau saat malam takbiran, masyarakat di sana membuat hidangan apem untuk disuguhkan kepada para tamu yang datang esok saat lebaran untuk memberi kesan khas di Desa Sumberejo, Gunung Kidul.

Makna lain yang terkandung dalam apem yaitu dari bentuknya yang bulat, hal itu melambangkan sebagai tempat berdoa. Bentuk bulat juga menjadi lambang sarana penghubung dengan Allah Swt. Apem juga melambangkan kesederhanaan, terlihat dari bahan-bahan pembuat apem yang mudah didapatkan. Kesederhanaan juga tampak dari proses pembuatan apem, karena untuk membuat apem tidak membutuhkan waktu lama. Rasa yang nikmat dari kue apem mengajarkan manusia tentang rasa syukur.

Untuk pembuatannya sendiri, apem dibuat dengan proses dan bahan yang sederhana. Karena bahan-bahan pembuatannya yang mudah didapatkan di antaranya yaitu tepung beras, tepung terigu gula pasir, tape nasi/tape singkong, pewarna makanan, daun jeruk, dan juga air. Sehingga apem pun juga memiliki makna kesederhanaan yang penuh kehangatan. Walau sederhana, cita rasa yang terkandung dalam apem sangat nikmat dengan aroma tape singkong dan rasa manis yang menggugah selera para tamu yang disuguhkan saat lebaran.

Pada dasarnya, apem adalah sebuah simbolik yang digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai bentuk permohonan maaf atas kesalahan. Dengan kearifan ini, secara tidak langsung apem menjadi bagian yang tidak terlepas dari suatu tradisi terutama saat Ramadhan dan Lebaran. Ketersinambungan ini dapat memunculkan anggapan masyarakat bahwa perwujudan maaf tidak hanya ditujukan kepada yang sudah mati saja, melainkan yang masih hidup juga perlu untuk meminta maaf dan juga saling memaafkan. Oleh karena itu, maka muncullah falsafah "guyub rukun" didalamnya terkandung makna saling memaafkan.

Seperti yang kita tahu bahwa simbol ialah suatu perantara yang digunakan untuk mengartikan tindakan atau perilaku yang ditujukan kepada orang lain dengan makna dan tujuan yang diberikan. Dalam penggunaan apem sebagai salah satu metode dakwah Islamisasi, tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa makanan merupakan salah satu metode dakwah. Tidak hanya makanan saja yang menjadi metode dakwah, itu hanya salah satu metode saja. Terdapat metode lainnya dari bidang seni seperti wayang, lewat tembang, lagu-lagu Jawa, lewat pesantren, lewat pembelajaran ilmu-ilmu kanuragan, dan sebagainya, itu semua adalah metode dakwah atau cara dakwah. Dan apem menjadi salah satunya.

REFERENSI Achroni, D. (2017). Belajar dari makanan tradisional Jawa. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Putra, L. B. (2023). Apem Sebagai Bentuk Representasi Ritual. MENDOBRAK GASTRONOMI KULTURAL JAWA: DARI PRODUKSI PENGETAHUAN, RUANG LINGKUP, SAMPAI PRAKTIK BUDAYA PENULISAN ESAI KREATIFNYA.

Apem yang sudah matang.
Bahan-bahan dan adonan yang sudah dicampur untuk membuat apem.
Hidangan apem yang akan disuguhkan untuk tamu saat Lebaran.

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...