×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Provinsi

Jawa Barat

Kampung Adat Cirendeu

Tanggal 16 Mar 2020 oleh Muhamad agung . Revisi 3 oleh Muhamad agung pada 16 Mar 2020.

Cimahi adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini baru diresmikan pada tahun 2004 setelah sebelumnya masuk ke dalam Kabupaten Bandung Barat. Tidak banyak ciri khas yang ada di Kota ini, mengingat bukan Kota Besar pada umumnya. Namun salah satu menarik di Kota Cimahi yaitu terdapat sebuah Kampung Adat yang di beri nama Cireundeu. Namun karena tidak dijadikan sebagai objek wisata oleh warga setempat, masih banyak yang belum mengetahui letak Kampung tersebut.

Kampung Adat Cireundeu terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kotamadya Cimahi, Propinsi Jawa Barat. Cireundeu berasal dari nama “pohon reundeu”, karena sebelumnya di kampung ini banyak sekali populasi pohon reundeu. Pohon reundeu itu sendiri ialah pohon untuk bahan obat herbal, hingga kampung ini di sebut Kampung Cireundeu. Alasan Kampung Adat Cireundeu tidak memposisikan desanya sebagai tempat wisata bagi pengunjung, karena masyarakat di Kampung tersebut memilih untuk lebih fokus dalam memelihara tradisi lama yang telah mengakar yang diwariskan oleh tetua adat dulu. Masyarakat Kampung Cireundeu beranggapan bahwa sekecil apapun filosopi kehidupan yang diwariskan oleh nenek moyang mereka wajib untuk dipertahankan. Di kampung Cirendeu sendiri terdapat 50 kepala keluarga atau 800 jiwa, yang sebagian besar bermata pencaharian bertani ketela.

Kampung Cirendeu sendiri memiliki keunikan tersendiri dan mungkin berbeda dari kampung adat lainnya, diantaranya: • Masyarakat di Kampung Cirendeu masih memiliki keyakinan juga kepercayaan yang kuat terhadap sunda wiwitan. Ajaran Sunda Wiwitan ini pertama kali dibawa oleh Pangeran Madrais dari Cigugur, Kuningan pada tahun 1918.

• Masyarakat adat Cireundeu sangat memegang teguh kepercayaannya, kebudayaan serta adat istiadat mereka. Mereka memiliki prinsip “Ngindung Ka Waktu, Mibapa Ka Jaman” arti kata dari “Ngindung Ka Waktu” ialah kita sebagai warga kampung adat memiliki cara, ciri dan keyakinan masing-masing. Sedangkan “Mibapa Ka Jaman” memiliki arti masyarakat Kampung Adat Cireundeu tidak melawan akan perubahan zaman akan tetapi mengikutinya seperti adanya teknologi, televisi, alat komunikasi berupa handphone, dan penerangan.

• Masyarakat Kampung Cirendeu masih mengadakan upacara adat yaitu 1 sura. Bagi masyarakat Kampung Cireundeu, Bagi masyarakat Kampung Adat Cireundeu perayaan 1 Sura layaknya lebaran bagi kaum muslim. Sebelum tahun 2000, saat perayaan mereka selalu menggunakan pakaian baru. Namun setelah adat mereka dilembagakan, akhirnya konsepnya dirubah yaitu kaum laki-laki menggunakan pakaian pangsi warna hitam dan ikat kepala dari kain batik. Sedangkan untuk kaum perempuan menggunakan pakaian kebaya berwarna putih. Selain itu terdapat buah-buahan yang dibentuk menyerupai janur, nasi tumpeng rasi, hasil bumi seperti rempah-rempah dan ketela yang menjadi pelengkap wajib dalam ritual ini. Selain itu kesenian kecapi suling, memelihara budaya sunda serta wuwuhan atau nasihat dari Sesepuh atau ketua Adat menjadi rukun dalam upacara 1 Sura.

Untuk jarak tempuhnya sendiri dari pusat Kota Cimahi, dibutuhkan waktu 1 jam, dengan rute jalan dari Masjid Agung Cimahi, kemudian mengikuti jalan ke arah Baros, atau bisa menaiki angkot kuning dengan jurusan Leuwigajah. Setelah itu anda akan dijumpai dengan sebuah patung gajah yang menandakan anda telah sampai di Leuwigajah. Lalu naik angkota biru jurusan Cangkorah dan turun di pertigaan arah Cireundeu. Kemudian anda naik gojek dengan rute tujuan Kampung Cirendeu, setelah itu anda akan melihat sebuah tulisan yang berarti telah sampai di Kampung Adat Cirendeu. Untuk dari Kota Bandung sendiri, jarak yang ditempuh bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, dengan rute yang dituju adalah Kota Cimahi terlebih dahulu. Adapun hal lain yang harus di perhatikan ketika memasuki Kampung ini adalah Leuweung Larangan (hutan terlarang) yaitu dilarang menebang pohon di sekitar situ, karena bertujuan sebagai tempat penyimpanan air untuk masyarakat Kampung Cirendeu. Masyarakat Kampung ini sebagian besar masih menggunakan ketela atau singkong sebagai makanan pokok sehari-harinya sebagai pengganti beras. Hal ini dikarenakan prinsip mereka yaitu: “Teu nyawah asal boga pare, teu boga pare asal boga beas, teu boga beas asal bisa nyangu, teu nyangu asal dahar, teu dahar asal kuat”. Artinya adalah tidak punya sawah asal punya beras, tidak punya beras asal menanak nasi, tidak punya nasi asal makan, tidak makan asal kuat. Maksudnya adalah manusia tidak harus bergantung pada satu makanan pokok saja. Seperti makanan pokok di Indonesia adalah beras. Namun pandangan masyarakat Kampung Adat Cireundeu memiliki alternatif lain yaitu dengan menggunakan singkong.

Menurut UU no 5 tahun 2017 tentang Objek Pemajuan Kebudayaan, Kampung Adat Cireundeu dapat digolongkan menjadi objek yang no 4 yaitu tentang Ritus. Ritus yaitu perilaku atau sebuah upacara yang berkaitan dengan pelayanan keagamaan yang pelaksanaannya telah diatur sedemikian rupa, sebagai bentuk penyembahan dalam rangka merealisasikan ajaran Tuhannya dan menjalankan hidup secara religious menuju takwa. Kampung Adat Cirendeu dapat dikatakan sebagai tempat yang jarang diketahui oleh orang mengingat tidak banyak orang yang mengeksposnya ke media, namun bukan berarti Kampung ini tidak pernah didatangi pengunjung. Terdapat beberapa orang luar yang kerap terlihat berkunjung ke Kampung tersebut, sebagian besar bertujuan untuk melihat keunikan dari Kampung tersebut. Ada juga yang mendokumentasikannya mengingat ada beberapa keunikan tersendiri yang berbeda dari Kampung Adat lainnya.

Kampung Adat Cirendeu

DISKUSI


TERBARU


Ketipung ngroto

Oleh Levyy_pembanteng | 19 Apr 2024.
Alat musik/panjak bantengan

Ketipung Ngroto*** Adalah alat musik seperti kendang namun dimainkan oleh dua orang.Dalam satu set ketipung ngroto terdapat 2 ketipung lanang dan we...

Rek Ayo Rek

Oleh Annisatyas | 19 Apr 2024.
Seni

Lagu Rek Ayo Rek adalah salah satu lagu asli Surabaya. Lagu ini diciptakan dengan bahasa khas "Suroboyo-an" oleh Is Haryanto. Rek Ayo Rek j...

Simpa Odja

Oleh Andi Redo | 05 Apr 2024.
Ornamen

Simpa Odja adalah ornamen wajib dalam setiap upacara di Kerajaan Gowa Tallo. Ornamen ini terdiri dari dua perangkat yang disatukan yaitu "Simpa&...

Ogoh-Ogoh, Dari...

Oleh Dodik0707 | 28 Feb 2024.
tradisi

Ogoh-Ogoh, Dari Filosofi Hingga Eksistensinya Malang - Jelang Hari Raya Nyepi, warga Dusun Jengglong, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Mal...

Na Nialhotan (D...

Oleh Batakologi | 06 Feb 2024.
Makanan

Dali Nihorbo atau di Pulau Samosir disebut dengan Na Nialhotan. Dibuat dari susu kerbau yang dimasak dengan garam dan bahan pengental. Ada 3 pilihan...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...