×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Budaya dan Seni

Elemen Budaya

Seni Pertunjukan

Provinsi

Irian Jaya

Asal Daerah

Indonesia, Bali

Contoh Peninggalan Sejarah yang Ada Di Indonesia yang Harus Kamu Tau

Tanggal 27 Sep 2021 oleh Torisusante123 .

Tahukah Anda bahwa ada hal atau tempat yang dapat membuktikan sejarah? Benda atau tempat tersebut biasanya disebut sebagai monumen sejarah. Karena sejarahnya yang panjang, Indonesia memiliki banyak monumen bersejarah yang memiliki arti tertentu. Apa saja jenis peninggalan sejarah yang ada di Indonesia? Selengkapnya bisa kamu pelajari di sini, ya!

Arca

Patung adalah patung yang terbuat dari batu atau perunggu. Contoh patung yang ada di Indonesia, seperti patung Ganesha, patung Prajnaparamita, patung Buddha Amarawati, dan masih banyak lagi.

Benteng

Benteng adalah bentuk konstruksi yang sengaja dibuat untuk keamanan dan pertahanan selama perang. Contoh monumen bersejarah berupa benteng antara lain:

  1. Benteng Portugis di Jepara Jawa Tengah.
  2. Benteng Pendem di Cilacap Jawa Tengah.
  3. Benteng Otanah di Sulawesi untuk melindungi raja.
  4. Benteng Fort de Kock di Sumatera Barat dibangun oleh Belanda.

    Candi

    Candi merupakan bangunan kuno yang terbuat dari batu sebagai tempat pemujaan dan penyimpanan abu raja atau pendeta Hindu dan Budha zaman dahulu. Beberapa candi yang ada di Indonesia adalah:

  5. Candi Pawon di Magelang, Jawa Tengah.
  6. Candi Panataran di Jawa Timur.
  7. Candi Muara Takus di Riau.
  8. Candi Prambanan di Yogyakarta.
  9. Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.
  10. Candi Mendut di Magelang, Jawa Tengah.

    Gedung

    Banyak makam digunakan sebagai sumber sejarah dan monumen sejarah. Berikut beberapa makam yang terkenal sebagai monumen bersejarah:

  11. Makam RA. Kartini di Rembang Jawa Tengah.
  12. Makam Ir. Soekarno di Blitar, Jawa Timur.
  13. Makam Raja-raja Surakarta dan Yogyakarta di Imogiri, Yogyakarta.
  14. Makam Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan.

    Monumen

    Monumen adalah bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenang jasa pribadi terhadap tanah air dan bangsa, serta untuk mengenang peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Beberapa monumen yang ada di Indonesia adalah:

  15. Monumen Proklamasi di Jakarta.
  16. Monumen Palagan Ambarawa di Semarang.
  17. Monumen Pers Nasional di Solo Jawa Tengah.
  18. Monumen Nasional (Tugu Monas ) di Jakarta
  19. Monumen Tugu Muda di Semarang

    Situs

    Situs tersebut merupakan kawasan yang terdapat benda-benda purbakala, seperti fosil-fosil hewan purba. Banyak situs di Indonesia yang merupakan jejak-jejak jaman dahulu atau zaman Hindu dan Budha, misalnya:

  20. Situs Muara Jambi.
  21. Situs Plawangan.
  22. Situs Cilongok.

    Contoh Peninggalan Kerajaan Bali

    Hasil prasasti yang ditemukan di tempat ini menunjukkan bahwa Kerajaan Bali berdiri sejak zaman Paleolitikum, disusul dengan Zaman Mesolitikum, Neolitikum, dan Zaman Perunggu. Namun, periode sejarah di Bali terutama dimulai sekitar abad ke-8. Kerajaan Bali didirikan oleh Dinasti Muruduwa dan bertahan lebih dari satu abad. Jika melihat berbagai prasasti yang ditemukan di tempat ini, ternyata kerajaan Bali pernah memiliki bentuk negara yang dipimpin oleh Singa Mandawa. Sistem kenegaraan ini membuat seluruh rakyat Bali tunduk dan mengabdi. Namun, kekuatan yang ditawarkan Singa Mandawa hanya bertahan sekitar 60 tahun. Biasanya asal usul kerajaan ini dimulai ketika kekuasaan di bagian timur Jawa banyak mendapat serangan dari kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya. Kemudian dia memilih kondisi ini untuk pergi dan menyelamatkan diri di pulau timur yang dikenal sebagai pulau Bali. Namun, budaya leluhur saat ini membuat wilayah ini menganut spiritualitas dan dinamisme Hindu-Budha.

    Peninggalan Kerajaan Bali

    Warisan Bali dapat disajikan dengan baik oleh kehidupan yang terjadi di wilayah ini. Orang Bali pada waktu itu biasanya menyediakan kehidupan ekonomi di bidang pertanian atau pertanian, perdagangan, pengrajin, dan ondagi. Berbagai jenis kehidupan ekonomi yang dikembangkan pada masa kerajaan terus berlanjut hingga saat ini. Banyak jenis peninggalan kerajaan yang masih dapat dilihat hingga saat ini antara lain Prasasti Palangung, Prasasti Banglabuan, Prasasti Gunung Banolisan, Prasasti Anak Wongsu, Pura Badas, Pura Agung Besakih, Pura Mingjing, dan Pura Wasan. Peninggalan ini biasanya menyajikan banyak cerita sejarah kerajaan Bali dari awal hingga akhir. Inilah ulasan yang perlu Anda ketahui tentang kerajaan Bali. Kisah kerajaan yang belum banyak diketahui masyarakat ternyata memiliki peran penting dalam membentuk kehidupan masyarakat yang baik hingga saat ini. Kerajaan ini bahkan memiliki banyak peninggalan sebagai bukti keberadaan kerajaan Bali di pulau Bali. Lihat juga artikel lainnya tentang https://toriqa.com/contoh-kritik-karya-seni-rupa/, untuk menambah wawasan pengetahuan kita tentang seni dan kebudayaan. Sekian dan terimakasih.

DISKUSI


TERBARU


Batik palembang...

Oleh Agusbatikplg | 14 Oct 2021.
Kain Batik

Motip biji timun yang di hiasi bintik tebar berwarna biru tua dengan warna dasar Merah Hati

Batik Palembang...

Oleh Agusbatikplg | 14 Oct 2021.
Kain Batik

Batik Palembang Laseman dengan motip Biji mede dengan Tumpal pucuk Rebung, warna dasar Merah Marun dan Hijau lumut.

Batik Palembang...

Oleh Agusbatikplg | 14 Oct 2021.
Kain Batik

Selendang Batik dengan motip Bintik Pelangi yang membentuk lingkaran dengan garis tumpal titik tujuh dan tumpal rebung biji kopi

Batik Palembang...

Oleh Agusbatikplg | 14 Oct 2021.
Kain Batik

Motip Geribik yang dihiasi selur-selur daun dan bunga, warna dasar merah marun dengan tumpal selur-selur berwarna dasar biru muda.

Contoh Peningga...

Oleh Torisusante123 | 27 Sep 2021.
Budaya dan Seni

Tahukah Anda bahwa ada hal atau tempat yang dapat membuktikan sejarah? Benda atau tempat tersebut biasanya disebut sebagai monumen sejarah. Karena se...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...