Tari Lalayon

Tanggal oleh Oase . Revisi 1
Kategori: Tarian
Elemen Budaya: Tarian
Provinsi: Maluku Utara
Asal Daerah: Ternate

Tari Lalayon adalah sebuah karya tari pergaulan yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini berisi pesan-pesan romantis. Oleh sebab itu, tarian ini biasa dibawakan secara berpasang-pasangan dan memiliki gerakan indah di sepanjang babak tariannya.

Mata para penari saling berpandangan antara pria dan wanita seolah sedang kasmaran. Sang pria melakukan gerakan menggoda di hadapan wanita. Sang wanita memunculkan sebuah senyum simpul di mulutnya tanda menerima godaan sang pria. Keduanya kemudian berputar-putar dan tubuh mereka seolah sedang berdialog satu dengan lainnya. Perasaan sayang dan penuh perhatian sangat terasa di dalam tiap gerakan para penari. Setiap pasangan menunjukkan kehangatan yang begitu mendalam sebagai bentuk pesan cinta yang mereka miliki.

Tari Lalayon biasanya dibawakan dalam berbagai acara-acara formal seperti pesta adat atau pernikahan. Tarian ini merupakan karya etnik Maluku Utara yang patut diacungi jempol karena masih banyak diketahui oleh para generasi muda Ternate. Mereka tidak malu dan sebaliknya sangat mendukung tarian ini. Tak hanya bermakna hubungan kasih antara muda-mudi saja, tari Lalayon juga dapat bermakna sebuah ucapan syukur atas berbagai anugerah Yang Maha Kuasa beri terhadap manusia dalam bentuk alam serta makhluk hidup di dalamnya. Ucapan syukur ini dituangkan dalam bentuk rasa sayang dan perhatian yang selalu diwujudkan dalam keseharian hidup manusia.




Sumber: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-lalayon-yang-penuh-cinta-antar-dua-insan-manusia

oakirbin_lalayon1.jpg

oakirbin_lalayon2.jpg

oakirbin_lalayon3.jpg

oakirbin_lalayon4.jpg

oakirbin_lalayon5.jpg

oakirbin_lalayon6.jpg

oakirbin_lalayon7.jpg

oakirbin_lalayon8.jpg

oakirbin_lalayon9.jpg

oakirbin_lalayon10.jpg

oakirbin_lalayon11.jpg

oakirbin_lalayon12.jpg

oakirbin_lalayon13.jpg

oakirbin_lalayon14.jpg