Tahuri / Korno

Tanggal oleh Aze
Kategori: Alat Musik
Elemen Budaya: Alat Musik
Provinsi: Maluku
Asal Daerah: Maluku

Tahuri adalah alat musik tradisional Maluku yang berupa terompet dan dikenal oleh masyarakat daerah sana terutama yang tinggal di pesisir daerah pantai. Tahuri/Korno ini merupakan alat musik yang terbuat dari cangkang kerang.

Tahuri memiliki ciri khas dimana apabila ukurannya kecil dan semakin kecil maka suara yang dihasilkan semakin melengking, sebaliknya jika ukurannya besar maka suaranya akan bernada rendah.

Nada yang dihasilkan dari Tahuri sebenarnya tidak semudah kita meniupnya saja, awalnya kerang harus dilubangi menggunakan Bor dan ditiup berulang kali agar mendapatkan nada yang diinginkan.

Nada-nada yang dihasilkan Tahuri sebenarnya tidak muncul begitu saja. Terlebih dahulu kerang dilubangi dengan bor lalu ditiupkan berulang kali untuk mendapatkan nadanya dengan bantuan alat musik lainnya seperti suling dan pianika.Dulunya, Tahuri digunakan sebagai sarana komunikasi antar masyarakat untuk berkumpul. Tiap-tiap tiupannya juga menandakan hal yang berbeda, Tarian tradisional Cakalele juga menggunakan Tahuri sebagai salah satu pengiringnya.

sumber :https://alatmusikindonesia.com/alat-musik-tradisional-maluku/#top

azeee__xalat-musik-tradisional-maluku-tahuri.jpg.pagespeed.ic.oF84RyCiQz.jpg

azeee__xalat-musik-tradisional-maluku-tahuri-korno.jpg.pagespeed.ic.vPW3w0eMgD.jpg