×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Pernikahan

Provinsi

Nusa Tenggara Timur

Prosesi Pernikahan Adat Sumba

Tanggal 10 Jul 2018 oleh Arum Tunjung.

Kabupaten Sumba Barat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur. Sumba Barat ini memiliki tradisi perkawinan yang unik dan khas. 

Dalam tradisi perkawinan, Sumba Barat memiliki sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon pengantin pria dan wanita. 

Perempuan yang sudah siap berumah tangga selain matang secara biologis, harus mempunyai ketermpilan khusus khas Sumba, seperti:  Menenun kain atau sarung (matonu ingi monno ghee), pandai membuat tempat siri pinang (mawana kaleku pamama), pandai menari (nego), kerja kebun(manairo oma), sopan dan selalu berbakti kepada orang tuanya

Pada zaman dahulu bua wine pria yang siap dipinang atau atau dilamar, biasa menggunakan mamoli sebagai lambang kedewasaan. 

Demikian halnya dengan bua mane, selain matang secara biologis mereka juga harus mempunyai keterampilan-keterampilan khusus pria Sumba, seperti:  

Harus pandai menari (kataga), memiliki ketangkasan dan kealihan menunggang kuda(kalete ndara), rajin menggembalakan ternak-ternak orang tuanya (kandi ranga), pandai bekerja di sawa(tau paba), taat dan berbakti pada kedua orang tuanya.

Melihat pria yang memiliki keterampilan seperti di atas dianggap mampu dan dapat bertanggung jawab menjaga bua wine dengan baik. 

Sepertinya bua mane yang siap untuk berumah tangga biasanya selalu menggunakan parang di pinggang sebelah kiri sebagai lambang keperkasaannya.

 Dalam tradisi perkawinan masyarakat Sumba, mamoli memegang peranan penting karena merupakan belis utama dan sebagai lambang perdamaian antara pihak laki-laki dan wanita.

 Artinya bahwa mempelai laki-laki mempunyai tujuan dan maksud baik terhadap mempelai wanita dalam keseriusan menjadikan pendamping hidup. 

Hal ini akan berpengaruh pada hubungan baik pihak laki-laki dan pihak wanita, selain itu juga dalam tatacara upacara adat perkawinan dalam pembelisan untuk meminang perempuan, diperlukan mamoli mas sebagai pengganti air susu ibu dan sebagai penghargaan jeripayah orang tua dalam membesarkan anaknya. 

Mamoli ini wajib ada dan akan dikenakan di kedua telinga, yaitu:

1.      Sebagai pengganti air susu ibu, dalam bahasa Sumba adalah mata kawanna (mata kanan) dipasang di telinga kanan

2.      Sebagai pengganti jeripayah orang tua dalam membesarkan anak yang disebut mata wello (mata kiri) dipasang di telinga kiri

Begitu pentingnya peran mamoli dalam upacara adat perkawinan sehingga jika pihak laki-laki tidak dapat memenuhi syarat, maka atas kesepakatan kedua keluarga mamoli harus diganti dengan nilai yang setara, misalnya 1 ekor kerbau jantan.

Sesuai upacara adat perkawinan Sumba harus dipenuhi beberapa tahap berikut ini:

1.      Tahap perkenalan

Perkawinan yang dilakukan biasanya melibatkan suku (kabisu). Jika ada dua suku yang masih merupakan kabisu bersaudara karena berasal dari satu leluhur, maka di antara kabisu itu tidak boleh terjadi kawin-mawin. 

Selain perkawinan antara anak om dan anak tante yang sangat dianjurkan tak dapat dihindari juga perkawinan yang terjadi atas kemauan dan atas dasar cinta dari anak-anak sendiri. 

Sebelum memasuki tahapan-tahapan adat, diperlukan proses perkenalan agar dari kedua pihak keluarga mengetahui dengan jelas identitas atau status dan turunan dari bua wine maupun bua mane.

2.      Tahap perkenalan adat (dengi winni pare, winni watara)

Pada tahap ini utusan pria berangkat dari keluarga pria, mereka bersiap dalam satu kesatuan keluarga yang disebut doma atau klen penerimanya wanita.

 Setelah sampai di rumah wanita, pembicaraan pinangan menggunakan bahasa adat  yang disebut teda (sastra adat).

Pihak atau keluarga wanita akan memberikan siri pinang sebagai suguhan dan menanyakan maksud kedatangan doma, pada saat itu doma menyerahkan barang bawaan sambil meminta bibit padi (wini pare) dan bibit jagung (wini watara) sebagai tanda diterimanya pinangan

3.      Tahap ikat adat (kettege)

Setelah pinangan diterima tahap selanjutnya adalah ikat adat, sebagai lambang atau simbol kedua pihak keluarga bersatu yamg haurs dipersiapkan adalah:  Keluarga wanita, menyiapkan kain serta babi. 

Keluarga pria, menyiapkan : hewan taguloka dan mamoli sebagai pengganti air susu ibu serta satu batang tombak dan rantai emas (lolo oma) sebagai simbolnya.

Saat tiba di rumah orang tua wanita, pria akan membawa tombak dan lolo oma yang akan diikat jadi satu, sebagai simbol kedua keluarga telah bersatu.

 Lalu rombongan pria menyerahkan hewan tagu loka dan mamoli. Sebagai balasannya keluarga wanita akan memberikan kain (motif Sumba) serta satu babi yang sudah dibunuh dan satu lagi babi yang masih hidup, sebagai tanda kesepakatan jumlah belis (welli).

4.       Tahap ikat pindah (kete dikki)

Jika tahap ikat adat telah selesai, maka tahap selanjutnya adalah ikat pindah atau diresmikan secara adat wanita pindah ke suku pria. Adapun persiapan-persiapan yang harus dilakukan antara lain :

a.      Keluarga wanita menyiapkan : Kain sepuluh pasang yang dibawa wanita ke rumahnya untuk dibagikan pada ipar-iparnya. Lemari yang telah di isi dengan berbagai perabot rumah tangga. Babi mati dan babi hidup untuk keluarga laki-laki, babi untuk keluarga perempuan sendiri

b.      Keluarga laki-laki menyiapkan hewan sebanyak yang disepakati pada tahap ikatan adat.

Saat tiba waktu yang dijanjikan, jubir dari masing-masing keluarga mewakili untuk menanyakan kesiapan keluarga. 

Jika semua sudah sesuai dengan rencana, maka acara pun dimulai dengan menggunakanbahasa adat yang akan diakhiri dengan makan bersama dengan menggunakan peralatan makanan tradisional piring kayu (onga) dan piring anyaman lontar (kolaka) serta mangkok dari tempurung kelapa (koba) sesudah makan barulah anak wanita dibawah ke rumah suaminya.

 Bagi keluarga pria yang bisa membawa pulang anak gadis merupakan kebanggaan tersendiri. Acara pemindahan ini akan diiringi bunyi gong, orang menari woleka, payawau dan pakalak

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...