×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Pertemuan

Provinsi

Maluku

Panas Gandong

Tanggal 14 Nov 2018 oleh Hamzahmutaqinf .

Ritual Panas Gandong merupakan seremoni adat yang biasanya dilakukan antara dua atau lebih negeri adat di Maluku (terutama di Maluku Tengah). Ritual ini bertujuan untuk menghangatkan kembali relasi mereka sebagai “Orang Basudara/barsaudara” yang percaya bahwa leluhur mereka berasal dari kandungan/gandong yang sama. Dalam relasi gandong, warga negeri Rutong merupakan adik/ade dari warga Negeri Rumahkay. Awalnya leluhur mereka merantau meninggalkan Negeri Rumahkay, kemudian menetap dan beranak pinak di pesisir Timur Pulau Ambon, yang kini menjadi Negeri Rutong. Hubungan basudara harus tetap terjaga, dan ritual Panas Gandong adalah pengikat yang menyekutukan mereka.
Bagi banyak negeri adat di Maluku, relasi Gandong adalah ikon integrasi sosial. Panas Gandong merupakan elemen penanda sekaligus pengingat yang mengokohkan ikatan sosial mereka sebagai orang-orang bersaudara. Dalam dinamika ini orang-orang di Maluku menandai identitas ke-Maluku-annya sebagai yang utama, sebelum identitas-identitas lainnya, termasuk agama. Kearifan lokal ini tetap terjaga. Ia bahkan tak terhancurkan saat konflik “orang Basudara” memorak-porandakan negeri ini di masa lalu. Ketika konflik menggila di tahun 1999-2003 kita tetap bisa menemukan aktivitas-aktivitas tersembunyi antara negeri-negeri adat beragama Muslim dan Kristen yang terikat dalam hubungan gandong. Oleh beberapa lembaga yang bergerak dalam aktivitas resolusi konflik, relasi gandong diadopsi secara maksimal sebagai salah satu elemen pengikat yang mendorong percepatan reintegrasi sosial pascakonflik. Sekalipun relasi gandong secara eksklusif hanya menjadi tali integrasi bagi dua atau lebih negeri adat (yang sama atau berlainan agamanya), namun pola relasi ini dimanfaatkan untuk memperbanyak kumpulan energy positif (circle of trust and peace) yang pembesaran radiasinya dibutuhkan dalam upaya reintegrasi sosial pada masyarakat yang terbelah berdasarkan garis agama.

Dari Memori Bersama Menuju Tindakan Bersama

Kekuatan integrasi sosial dalam ritual panas gandong terletak pada penguatan memori-memori bersama sebagai orang bersaudara. Mengawali perjalanannya ke Negeri Rumahkay, masyarakat Rutong telah menggelar serangkaian prosesi adat di negerinya untuk mengingatkan asal muasal mereka menempati Negeri Rutong. Hal serupa dilakukan oleh masyarakat Negeri Rumahkay. Ketika beberapa “motor ikan” Negeri Rumahkay datang menjemput dan melakukan atraksi “Bailele” (mengelilingi kapal ferry dan angkutan laut lainnya yang membawa seribuan warga Negeri Rutong) terhadap gandong ade Negeri Rutong, sontak kedua saudara secara berbalasan melantunkan secara lagu orang bersaudara. Warga Negeri Rumahkay menyanyikannya dari kapal penjemput, berbalasan dengan warga Rutong yang mendendangkannya dari kapal-kapal mereka.
Seluruh detail yang terangkai dalam prosesi adat panas gandong membentuk struktur pengingat yang meneguhkan memori bersama orang bersaudara antara Rutong dan Rumahkay. Elemen-elemennya tampak pada lagu-lagu dan pantun adat yang dinyanyikan secara ritmis, repetitive dan berbalasan oleh kelompok “Jujaro-Ngungare” (muda-mudi) Rutong dan Rumahkay. Ia tergambar pula pada kelompok “Mataina” (ibu-ibu yang telah menikah) Rutong yang membawa keranjang-keranjang tertutup berisikan “barang-barang adat,” untuk diserahkan kepada saudara gandong kaka, Negeri Rumahkay. Sambutan mataina Negeri Rumahkay yang melilit dan mengantar prosesi ade-kaka dalam balutan “kain gandong” (kain putih panjang yang biasanya dipegang ibu-ibu untuk menyambut, melingkari dan mengantarkan prosesi adat menuju suatu tempat tertentu) merupakan elemen lain dalam detail prosesi adat, yang menyatukan ingatan Rutong-Rumahkay terhadap ikatan persaudaraan yang telah ditegakkan para leluhur. Arak-arakan prosesi adat Rutong-Rumahkay mencapai puncaknya ketika mereka diantar memasuki “Baileo” (rumah khusus tempat musyawarah adat) Negeri Rumahkay. Di Baileo, barang-barang adat diserahkan dan relasi gandong memperoleh peneguhan seutuhnya. Di Baileo pula, musyawarah adat dilangsungkan untuk membicarakan aksi-aksi bersama yang melibatkan tanggung-jawab kedua negeri bersaudara.
Segera setelah berakhirnya prosesi adat di rumah Baileo, ‘loudspeaker’ Negeri Rumahkay mengumumkan persiapan pelaksanaan peletakan batu pertama kantor Negeri Rumahkay. Aktivitas bersama dimulai dengan melibatkan kedua negeri gandong dalam suatu keharusan adat sebagai orang bersaudara. Dalam relasi orang basudara, proses saling membantu dalam menghadapi musibah maupun pembangunan bersama adalah kewajiban tidak tertulis untuk dipatuhi negeri-negeri adat yang terikat dalam hubungan gandong maupun Pela (berbeda dengan gandong, hubungan Pela tidak berbasis pada relasi sekandung. Ia merupakan pakta persaudaraan yang diangkat oleh dua negeri karena suatu peristiwa tertentu di masa lampau).
Bekerja-sama dan saling membantu adalah keharusan dan kepatutan etika gandong di Maluku. Saat berlangsungnya proses renovasi gedung gereja Negeri Ullath di Pulau Saparua beberapa bulan yang lalu, negeri-negeri adat di Pulau Buano yang beragama Islam mengantarkan material kayu bagi gereja dalam suatu proses adat menuju gedung gereja Negeri Ullath. Hal ini merupakan kewajiban adat mereka sebagai negeri-negeri Pela dari negeri Ullath. Tindakan serupa tampak ketika Negeri Batumerah di Kota Ambon melakukan pemasangan tiang alif pada masjid mereka. Dalam peristiwa itu warga Negeri Ema yang beragama Kristen, dan terikat dalam relasi gandong dengan Batumerah, memiliki keharusan adat untuk bersama-sama melakukan pemasangan tiang alif masjid. Melanggar kewajiban-kewajiban adat untuk saling menolong dalam relasi gandong (maupun Pela), dipercaya akan membawa petaka bagi kedua negeri bersaudara.


Ritual Panas Gandong tidak saja menjadi elemen penguat memori bersama bagi Negeri Rutong dan Negeri Rumahkay. Ia menjadi instrument pengingat bagi kita untuk tidak melupakan betapa kayanya kearifan-kearifan lokal yang kita miliki. Kearifan-kearifan lokal yang pada gilirannya menyediakan bagi kita modal sosial yang sangat kaya untuk mengelola kemajemukan kita. Rekonstruksi dan revitalisasi lalu menjadi pekerjaan kebudayaan yang harus terus menerus dilakukan oleh para perumus kebijakan publik. Tindakan ini penting dilakukan untuk mentransformasi kekayaan modal sosial ini menjadi etika bersama di ruang publik. 

Sumber:

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/ritual-panas-gandong-integrasi-sosial-di-maluku

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...