PEWARNA ALAM DAN FUNGSI LAINNYA PART 1

Tanggal oleh Dwika Permata Sani. Revisi 3
Kategori: natural dye, pewarna alam, alam sekitar
Elemen Budaya: Tata Cara Pengobatan dan Pemeliharaan Kesehatan
Provinsi: Jawa Barat
Asal Daerah: INDONESIA

saya yakin kalian belum pernah dengar bahkan tidak pernah menyangka bahwa sesungguhnya alam sekitar kalian dapat dijadikan pewarna tekstil. tapi inilah yang terjadi saat para leluhur kita mewarnai batik dan belum mengenal adanya bahan kimia.berikut pewarna alam yang dapat ditemukan disekitar kita.

 

1.SECANG

secang merupakan salah satu pewarna alam batik yang digunakan untuk menghasilkan warna merah pada kain batik. fungsi lainnya ialah minuman kesehatan untuk tulang keropos. namun ada juga yang menggunakannya sebagai minuman pereda panas dalam. secang juga berfungsi sebagai obat mencret, mengobati luka, membersihkan darah, menghentikan dan mencegah pendarahan,mengobati muntah darah, mengobati sifilis dan tumor, dsb. tidak hanya itu secang juga digunaka sebagai pewarna makanan. untuk minuman, secang memiliki fungsi sebagai minuman penghangat tubuh dan meningkatkan stamina.

 

2.TEGERAN

Tegeran merupakan salah satu tanaman kayu yang menghasilkan warna kuning kecoklatan. 

 

3.KUNYIT

pada umummnya kunyit digunakan sebagai bahan bumbu dapur, namun zaman dahulu digunakan sebagai bahan pewarna alam. kunyit yang berwarna orange dan kunyit yang ditumbuk berwarna kuning akan menghasilkan warna yang berbeda.fungsi kesehatannya ialah dapat dijadikan jamu.selain dijadikan jamu, kunyit bisa juga dijadikan sebagai obat antiseptik alami, obat pencegahan kanker, meningkatkan anti oksidan, dan lain-lain. warna yang dihasilkan adalah bisa berupa kuning dan orange. 

 

4.BAWANG BOMBAY

bawang bombay biasanya digunakan sebagai bahan bumbu masakan. namun, bawang bombay dapat digunakan pula sebagai pewarna alam. warna yang dihasilkan adalah orange

5.INDIGO

indigo berupa getah biru dari tanaman tarum/nila. getahnya diambil kemudian diolah sehingga menjadi biru. hati-hati guys, kalo sudah bermain dengan indigo, baunya nggak tahan deh! 

6.BUAH NAGA

buahnya dimanfaatkan untuk kesehatan seperi mencegah kanker. sedangkan kulitnya dimanfaatkan untuk pewarna alam dengan mengasilkan warna merah muda

7.MAHONI

kayu mahoni biasanya didapatkan di daerah solo,jawa tengah. mahoni menghasilkan warna merah marun. 

 

8.JELAWE

jelawe menghasilkan warna hijau tua seperti kotoran kerbau.

9.KULIT MANGGIS

buah manggis dimaanfaatkan untuk kesehatan seperti mengobati sariawan karena mengandung vitamin c. sedangkan kulitnya dimanfaatkan untuk pewarna batik menghasilkan warna merah muda

10.GAMBIR

ini bukan nama stasiun kereta api jabodetabek. namanya memang gambir.menghasilkan warna orange. biasanya di pakai untuk jamu kesehatan.

sumber : kuliah Kriya Tekstil IV 2014