|
|
|
|
Ngagoah Imo Pulau Tengah Tanggal 24 Dec 2018 oleh Sri sumarni. |
Ngagoah imo adalah upacara adat yang sudah ada sejak dulu dan diwariskan turun-temurun dalam kehidupan masyarakat di Pulau Tengah, Kabupaten Kerinci. Tidak dapat diketahui secara pasti kapan hadirnya upacara ngagoah imo ini. Upacara ngagoh imo dilaksanakan saat ditemukan harimau mati di hutan atau di alam rimba Gunung Raya, kawasan yang juga termasuk Pulau Tengah. Setelah menemukan harimau yang mati tersebut, maka masyarakat Pulau Tengah melaksanakan upacara Ngagoah Imo. Hal ini dimaksudkan agar kelompok harimau lainnya tidak turun dari gunung dan mengganggu warga atau masyarakat di desa tersebut.
Ketika ditemukan harimau yang mati, maka harimau yang mati ditutupi kain putih layaknya manusia. Kemudian harimau tersebut ditandu menuju balai adat. Diletakkan di tempat yang agak tinggi dan ditegakkan seperti harimau yang masih hidup. Selanjutnya, ketua adat akan membaca mantra diiringi bunyi yang berasal dari tarawoak (bunyi dari pelepah pinang yang ditabuh/dipukul) yang berfungsi untuk menjemput roh harimau, sebagai petanda ritual dimulai.
Diyakini dengan adanya upacara ini, roh harimau mendengar dan datang menjelma. Masyarakat Pulau Tengah mempercayai bahwa harimau berkuping tanah – pendengarannya menembus setiap jejak langkah. Setelah kain putih dibuka, maka satu per-satu berbagai jenis benda kemudian diletakkan di hadapan harimau (patung harimau), sebagai tebusan. Prinsipnya adalah melunasi hutang yaitu ”belang diganti belang, hilang taring diganti taring, hilang ekor diganti ekor, hilang mata diganti mata”. Taring harimau diganti keris, kuku harimau diganti sebilah pedang, suara auman harimau diganti dengan pukulan gong, warna mata harimau yang berkilat dan keras diganti dengan kelopak betung (pelepah bambu bagian dalam), dan belang harimau diganti dengan kain tiga warna (merah, putih, hitam).
Masyarakat Pulau Tengah meyakini bahwa telah ada hubungan saling menghargai antara makhluk hidup yang telah terjalin sejak dahulu. Kelestarian hubungan itu terus terjaga hingga saat ini. Maka untuk memuliakan dan menjaga hubungan serta menghormati raja hutan tersebut, masyarakat menggelar upacara ngagoah imo. Upacara ngagoah imo dilaksanakan terakhir kali sekitar tahun 1965-an. Hal ini berkaitan dengan tidak diketemukannya lagi harimau yang mati di hutan sekitar Pulau Tengah tersebut. Saat ini masyarakat setempat menyebut ngagoah imo dengan sebutan Tari Ngagoah Imo. Secara sosial terlihat bahwa terjadi interaksi simbolik antar hubungan manusia dengan makhluk lainnya (harimau), sebagai hewan yang dihormati, dan sebagai sesame makhluk hidup agar memiliki hubungan yang harmonis, saling berdampingan. Tari ngagoah imo memiliki makna simbolik yang terus dipertahankan oleh masyarakat Pulau Tengah
Sumber : Buku Penetapan WBTB 2018
Gambus
Oleh
agus deden
| 21 Jun 2012.
Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual... |
Hukum Adat Suku...
Oleh
Riduwan Philly
| 23 Jan 2015.
Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala... |
Fuu
Oleh
Sobat Budaya
| 25 Jun 2014.
Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend... |
Ukiran Gorga Si...
Oleh
hokky saavedra
| 09 Apr 2012.
Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai... |