|
|
|
|
Motif Batik Prada daerah Papua #DaftarSB19 Tanggal 12 Feb 2019 oleh Herlambang . |
Kain batik banyak digemari karena selain cantik, dia juga memiliki makna tersembunyi di setiap coraknya. Hal ini juga berlaku untuk batik Papua. Meski terbilang baru, setiap guratan motif khas Pulau Cenderawasih ini juga memiliki makna mendalam.
Jika di Jawa makna dari setiap motifnya berkaitan dengan sejarah, di Papua juga demikian. Motif-motif pada kain banyak terinspirasi dari lukisan-lukisan di dinding goa. Tak jarang juga berupa fosil, artefak, serta beberapa benda penginggalan zaman purbakala. Sangat kental akan sejarah terpendam dimana kehidupan pada masa itu masih sangat kuno.
Paduan warna-warni beragam adalah salah satu ciri khas utama motif Prada. Pola hias utama dari jenis ini banyak terinspirasi dari peninggalan-peninggalan arkeologi yang tersebar di ujung kepulauan Indonesia ini.
Salah satunya ialah lukisan-lukisan goa yang terletak di area Kabupaten Biak dan Jayapura. Selain itu, peninggalan sejarah semacam fosil dan artefak purbakala juga menjadi sumber inpirasi pengrajin.
Simbol-simbol keramat unik serta ukiran khas pun tak luput dijadikan sasaran. Sehingga corak yang dihasilkan sangat kental dengan unsur sejarah di dalamnya. Tak ayal bila Prada banyak digemari oleh masyarakat lokal maupun internasional.
Membuat desain pola terlebih dahulu. Langkah ini biasa disebut molani. Guna menentukan pola, pengrajin bebas menentukan pol seperti apa yang akan digambarkan.
Secara umum, pengrajin dapat membuat pola sendiri berdasarkan kreatifitas masing-masing. Atau menggunakan pola-pola yang sudah ada sebelumnya. Proses penggambaran biasanya menggunakan pensil halus. Beberapa menggunakan bantuan kertas untuk menjiplak pola guna mengurangi tingkat kesalahan.
Setelah molani ialah proses membatik menggunakan lilin dan canting. Pada tahap ini pengrajin benar-benar membutuhkan konsentrasi dan kesabaran tinggi. Proses membuat batik dilakukan mengikuti pola molani sebelumnya.
ialah menutupi bagian-bagian terntentu dengan lilin malam. Bagian-bagian tersebut biasanya akan dibiarkan berwarna seperti dasar kain atau ingin diwarnai berbeda. Di Jawa istilah ini bernama nembok. Berfungsi agar kain tidak menyerap warna ketika proses pewarnaan.
Proses ini dilakukan dengan cara mencelupkan kain ke dalam cairan pewarna. Setelah dicelupkan, kain akan dijemur di tempat teduh hingga kering.
Nah, setelah kering proses pembatikan akan dilakukan lagi (langkah kedua), dilanjutkan dengan nembok (lengkah ketiga). Lalu dilakukan pewarnaan lagi (langkah keempat).
Proses ini akan terus diulangi hingga kain memiliki pola dan warna sesuai keinginan pengrajin. Semakin rumit corak dan warnanya, maka akan semakin lama pula proses pembuatannya.
Apabila desain corak sudah sesuai keinginan, maka langkah selanjutnya ialah nglorot. Nglorot merupakan proses dimana kain direbus ke dalam air panas untuk menghilangkan sisa-sia lilin malam.
mengeringkan kain sebelum akhirnya bisa digunakan. Proses pengeringan selalu dilakukan di tempat teduh. Caranya, diangin-anginkan saja. Hal ini berfungsi agar warna kain tidak mudah luntur dan kusam.
Sumber : https://qlapa.com/pesona-batik-papua
Gambus
Oleh
agus deden
| 21 Jun 2012.
Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual... |
Hukum Adat Suku...
Oleh
Riduwan Philly
| 23 Jan 2015.
Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dal... |
Fuu
Oleh
Sobat Budaya
| 25 Jun 2014.
Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend... |
Ukiran Gorga Si...
Oleh
hokky saavedra
| 09 Apr 2012.
Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai... |