Jenang Upih

Tanggal oleh Oase . Revisi 1
Kategori: Makanan
Elemen Budaya: Makanan Minuman
Provinsi: DI Jogjakarta
Asal Daerah: Jogja

Kata upih berasal dari tempat untuk mengukusnya yaitu pelepah pohon aren yang berbentuk bulat menyesuaikan kukusan & dandang tempat menanaknya. Jenang upih adalah bubur yang terbuat dari tepung beras, dibumbui hanya dengan sedikit garam kemudian dicetak dan dikukus dalam bakul yang dialasi seludang bunga kelapa. Pada waktu dingin, aroma seludang akan memberi cita rasa pada jenang upih yang dibuat. Setelah dingin dan dapat diiris dengan pisau, jenang upih ini serasi dinikmati bersama baceman aneka tempe atau tahu.

Jenang upih terbuat dari beras yang dicuci bersih lalu ditiriskan, setelah benar-benar kering digiling hingga menjadi tepung. Cara pembuatan tepung dari beras tadi yang sudah lembut dicampurkan dengan santan kelapa kental sedikit garam beserta daun pandan untuk membuat gurih serta wangi. Setelah adonan dituangkan pada upih yang terbuat dari pelepah aren lalu dikukus hingga masak dan mengental. Cara penyajian jenang upih dipotong-potong ditambahkan tempe bacem maupun tahu bacem namun akan lebih nikmat lagi jika dicocolkan pada petis dari kaldu sapi.

Harganya lumayan murah, cukup merogoh kocek Rp. 5000. Jenang upih dapat ditemui di depan Pasar Kranggan Jl. P. Diponegoro, Jogja atau 100 meter Tugu Jogja ke barat. Buka dua hari sekali pada pukul 06.00-10.00. Kini pembuat jenang upih hanya tersisa kurang dari 5 penjual di pasar-pasar tradisional yang hanya 2 hari sekali berjualan. Dulu jenang upih menjadi penolong para ibu untuk menyiapkan makan siang yang sangat cepat sepulang dari pasar karena mempunyai banyak kegiatan. Dalam hal ini keluarga tidak perlu menanak nasi hanya tinggal memotong jenang upih, dinikmati bersama sayur atau lauk-pauk yang ada.

 

 

 

Sumber:

Murdijati Gardjiton Dkk. 2017. Kuliner Yogyakarta: Pantas Dikenang Sepanjang Masa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

http://www.waktumakan.com/jenang-upih-pasar-kranggan-jogja/

oakirbin_jenangupih1.jpg

oakirbin_jenangupih2.jpg

oakirbin_jenangupih3.jpg