×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Makanan

Elemen Budaya

Makanan Minuman

Provinsi

DKI Jakarta

Gabus Pucung

Tanggal 06 Sep 2017 oleh Danisapitaloka .

Selamat Malam Netizen kuliner diamanapun kalian berada... kali ini kita akan makan yang khas dari Betawi.... 

Jakarta sebagai ibukota negara Repubik Indonesia dikenal memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan mengesankan warisan khas masyarakat Betawi. Kuliner Betawi yang tidak hanya nikmat tetapi juga juga unik dan lekat dengan sejarah masih dapat dengan mudah ditemui hingga kini seperti Nasi Uduk, Lontong Sayur, Soto Betawi, Ketoprak ataupun Kerak Telor. 

Namun seiring dengan berkembangnya kota Jakarta dan tergesernya masyarakat Betawi, yang merupakan pendudukasli Kota Jakarta, ke daerah pinggiran, beberapa kuliner khas Betawi seperti Sayur Gabus Pucung mulai jarang ditemui di Jakarta. 

Kuliner berbahan utama ikan gabus dan berkuah hitam pekat yang berasal dari pucung (orang Jawa mengenalnya sebagai kluwek) ini kian terpinggirkan dan tak mendapatkan ”panggung” memadai di daerah asalnya sendiri. Akibatnya, perbendaharaan kuliner Betawi warga Ibu Kota pun terbatas. Kuliner seperti Sayur Gabus Pucung ini sekarang lebih banyak dijumpai di pinggiran Jakarta seperti Bekasi, Depok dan Tangerang.  

Gabus pucung atau gabung pucung adalah masakan khas Betawi yang diolah dari bahan baku ikan gabus dengan kuah warna hitam. Gabus pucung adalah gabungan nama dari kata "gabus" dan "pucung". Gabus (ikan gabus) adalah isi dari sayur tersebut, dan pucung atau kluwek adalah pewarna sayur tersebut. Cara pembuatan masakan ini mirip dengan sayur ikan biasa dengan tambahan pucung untuk pewarna sayur.

 

 

Bahan Utama Ikan Gabus:

·         1 kg ikan gabus ukuran sedang

·         2 sdm air jeruk nipis

·         Sedikit garam

Bahan Perendam Ikan:

·         3 sdt ketumbar, shangrai

·         2 buah jeruk nipis

·         1/2 sdt garam

·         4 btr bawang putih

Bahan Bumbu Ikan Gabus:

·         Daun bawang iris serong

·         7 buah rawit merah

·         1 sdt gula

·         750 ml air

·         Minyak untuk menumis

·         Garam secukupnya

·         Jeruk limau

Bumbu Ikan Gabus:

·         3 lembar daun salam

·         4 buah sereh, geprek

·         1 cm Jahe geprek

·         6 lembar daun jeruk, robek- robek

·         3 cm lengkuas geprek

·         2 buah tomat, potong dadu

Bumbu Halus Ikan Gabus:

·         8 bawang putih

·         12 bawang merah

·         6 buah cabe merah kriting

·         3 cm kunyit

·         6 buah kluwek ambil dagingnya, rendam air hangat

·         4 buah kemiri, geprek lalu shangrai

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah:

1.     Awali langkah pertama dengan membersihkan ikan gabus yang sudah anda dapatkan dari pasar dan bawa air ke tempat cucian untuk dibilas dan dibersihkan dengan air bersih.

2.    Kemudian, silahkan bersihkan lendir yang ada pada ikan dengan menggunakan abu gosok. Lalu gosok-gosok ikan hingga menjadi kesat. Setelah itu, silahkan bersihkan kembali ikan dengan air bersih hingga abu gosok bisa dibersihkan.

3.    Kemudian bersihkan sisik yang ada pada ikan dengan dikerik menggunakan pisau atau sendok hingga sisik ikan bisa dibersihkan secara merata.

4.    Setelah itu, silahkan potong bagian depan moncong ikan dengan menggunakan pisau, karena bagian ini tidak akan kita gunakan.

5.    Setelah bagian moncong ikan dibersihkan, kemduian kita bersihkan pula bagin dalam perut ikan dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan.

6.    Terakhir, kita akan lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Cara Membuat Ikan Gabus Pucung :

1.     Setelah ikan dilumuri dengan bumbu diatas, kemudian silahkan bilas kembali dengan air untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan secara merata.

2.    Kemudian silahkan rendam ikan dengan bumbu rendaman dan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam agar bumbu ini meresap pada ikan secara merata.

3.    Setelah itu, silahkan goreng ikan pada wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Goreng ikan hingga matang dan kering secara merata. Setelah itu, angkat ikan dan sisihkan sementara.

4.    Selanjutnya, kita panaskan minyak dalam wajan sedikit saja dan tumis bumbu tersebut hingga harum.

5.    Masukka sereh kedalam tumisan bumbu bersama denagn daun salam dan daun jeruk, kemudian tumis bumbu bahan ini hingga layu.

6.    Setelah tumsi bumbu layu, masukkan potongan tomat kedalamnya dan aduk-aduk hingga tomat menajdi sama layunya.

7.    Tuangkan air kedalamnya bersama dengan garam dan gula pasir hingga rasanya pas dan biarkan mendidih secara merata. Setelah itu, baru masukkan ikan gabus yang telah digoreng dan masak hingga bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.Setelah ikan matang dan bumbu meresap pada ikan, angkat ikan dan sajikan dalam piring saji.

 

Tempat yang menyediakan:
 
Gabus Pucung Vila Betawi
Restaurant
Address: Perumahan Mampang Indah I, Jalan Mampang Indah I RT. 03 / RW. 07, Grogol, Limo, Grogol, Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16512
Phone: 0838-0738-9167

DISKUSI


TERBARU


Lestari Naskah...

Oleh Annisafitrianaputri | 19 Jun 2021.
Naskah

Sebagai masyarakat yang berbudaya, tentu sudah bukan hal asing bagi kita ketika mendengar kata naskah. Sudah sekian banyak naskah yang menjadi bukti...

Tradisi Babiola...

Oleh Andinimizaputri | 19 Jun 2021.
Budaya

  DARI KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT, TRADISI BABIOLA MASIH DILESTARIKAN MASYARAKATNYA. INI ADALAH SENI PERTUNJUKAN TUTUR LISAN YANG BE...

Tradisi Babiola...

Oleh Andinimizaputri | 19 Jun 2021.
Budaya

  DARI KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT, TRADISI BABIOLA MASIH DILESTARIKAN MASYARAKATNYA. INI ADALAH SENI PERTUNJUKAN TUTUR LISAN YANG BE...

Calonarang

Oleh Bangindsoft | 15 Jun 2021.
Cerita Rakyat

Di sebuah daerah yang sekarang bernama Dusun Butuh, Desa Sukorejo , Kabupaten Kediri, hiduplah seorang wanita sakti yang memiliki ilmu leak (ilmu hit...

Legenda Situ Ci...

Oleh Mawar widya | 01 Jun 2021.
Legenda

Tak ada yang tahu pasti tentang Kuhlan, namun ada segelintir orang yang mengatakan bahwa ia adalah Willem Hermanus Hooghland, pemilik Borderij N.V. A...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...