Batik:Batik Pekalongan

Tanggal oleh Calvin
Kategori: Kain Tradisional
Elemen Budaya: Motif Kain
Provinsi: Jawa Tengah
Asal Daerah: Kota Pekalongan

Batik adalah seni lukis menggunakan kain yang digambar dengan pola serta cara pembuatan khusus, yaitu dengan menuliskan ataupun menempelkan zat lilin atau malam pada kain. Kain-kain yang digambar dengan aneka motif unik dan khas itu kemudian dikreasikan dalam berbagai rupa dan fungsi, serta digunakan oleh masyarakat. Motif yang muncul pada kain tersebut dipengaruhi oleh ciri khas serta keyakinan di tiap daerah. Pekalongan menjadi salah satu produsen batik yang cukup dikenal. Kota Pekalongan memiliki julukan yang cukup nyentrik yaitu kota batik Pekalongan, hingga membuat kota tersebut masuk kedalam jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art pada akhir tahun 2014 serta mempunyai city branding yaitu World’s City of Batik.

Sesuai dengan namanya, batik pekalongan merupakan salah satu jenis batik yang dibuat oleh masyarakat Pekalongan. Sebagian besar proses produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah. Akibatnya, batik pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan. Kebanyakan motif asal Pekalongan ini dipengaruhi kebudayaan luar yang awalnya datang perdagangan. Hal ini karena letak kota Pekalongan yang strategis sebagai lokasi perdagangan mengingat dapat dengan mudah dicapai dari segala penjuru. Motif yang ada pada batik pekalongan ini juga rata-rata didominasi bentuk fauna serta motif tumbuhan.

Batik asli Pekalongan terkenal dengan istilah batik pesisir kaya akan warna. Sehingga, batik pesisir ini lebih terkenal dengan ragam hiasnya yang bersifat naturalis serta dimodifikasi dengan variasi warna yang atraktif.

sekarang, pakaian batik tidak hanya digunakan oleh orang tua dan digunakan saat acara formal saja.Batik juga dapat digunakan di acara semi-formal dan casual. Selain kain batik yang menjadi pakaian, kain batik juga bisa dibuat menjadi tirai, taplak meja, dan masih banyak lagi. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mencintai dan menggunakan produk dari dalam negeri.

 

Sumber:

1.https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/27/yuk-cari-tahu-sepenggal-cerita-tentang-batik-pekalongan-yang-menjadi-ikon-bagi-perkembangan-batik-di-nusantara

 

#OSKM2018_16418022_Calvin

calvin_motif-batik-pekalonganjlamprang.jpg