×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Cerita rakyat

Elemen Budaya

Cerita Rakyat

Provinsi

Sulawesi Barat

CERITA RAKYAT TENTANG ASAL USUL SUMARORONG

Tanggal 06 Jan 2021 oleh Sri sumarni.

Sumarorong, adalah nama kampung dan sungai yang ada di Kabupaten Mamasa, Propinsi Sulawesi Barat . Arti nama Sumarorong berasal dari lima alasan yang ada di dalam dua cerita rakyat Sulawesi Barat penamaan Sumarorong. Yaitu dari dua kata suma dan rorong. Suma dari kata sumarro. Rorong dari kata makarorrong. Sumarro ‘mengeluh’, ‘meratap’ atau ‘menangis’. Makarorrong, ‘mengenang’ atau ‘merindu’. Mengapa ‘menangis-merindu’ ? Episode Pertama : Di zaman dahulu, berangkatlah Parinding Bassi bersama para pengawalnya dari Kampung Peonan (masuk dalam Kec.Pana sekarang, Kab.Mamasa) menuju daerah Nosu. Di daerah yang sekarang bernama Sumarorong, dipilih bertempat tinggal di salah satu bukit dari tiga bukit yang saling bersambungan yaitu Bukit Tondok Tallu. Tempat tinggi dipilih untuk memudahkan pengamatan terhadap binatang buruan. Suatu hari Parinding Bassi bersama pengawalnya pergi berburu. Mereka tiba di muara ketiga sungai yaitu Sungai Baneaq, sungai yang kini bernama Sungai Sumarorong dan Sungai Mamasa, tak jauh dari kediaman mereka. Dari muara sungai muncul seorang wanita cantik berpakaian rumput air namanya Datu Lumuran (lumuran ‘berlumut’). Wanita itu dibawa pulang lalu dikawini oleh Parinding Bassi. Penduduk setempat menganggap keramat muara sungai tempat munculnya Datu Lumuran. Yang menganut kepercayaan Adaq Mappurondo/Aluq Todolo di wilayah itu masih mengantar sesajian untuk menyembah Dewata ke muara. Kehidupan Parinding Bassi-Datu Lumuran penuh kebahagiaan. Mereka menjadi kaya raya. Suatu hari dilaksanakan maqbua, pesta besar-besaran menyukuri kekayaan yang mereka peroleh. Parinding Bassi mengundang semua orang dan para Tetua Hadat di sekitarnya. Mongle bergelar Toditudangngi saudara perempuan Parinding Bassi, bersama seorang cucunya disertai para pengawalnya. Menandakan keluarga Parinding Bassi kaum bangsawan. Sehabis pesta para undangan masing-masing mendapat cindera mata berupa emas dan parang panjang. Ketika Parinding Bassi akan menyerahkan cindera mata kepada Toditudangngi, ditolak karena menurut keluarganya, benda-benda seperti itu cukup banyak dimilikinya. Tetapi ada permintaan si cucu yang menyertai Toditudangngi, yaitu seekor anoa yang baru saja ditangkap oleh Parinding Bassi dalam perburuan. Sebenarnya, Parinding Bassi berat hati memberikan anoa itu kepada cucunya karena masih liar. Lagi pula anoa hanya untuk dipotong dan dimakan dagingnya saja. Si Cucu berkeras untuk mendapatkannya. Permintaan cucunya dipenuhi untuk dibawa pulang. Dipasangnya bamboo pada kedua tanduk anoa supaya ia tidak bisa menanduk. Parinding Bassi berpesan. Jangan sekali-kali membuka bamboo sebelum anoa jinak betul. Mereka kembali pulang ke kampung mereka. Di tengah perjalanan rombongan berhenti beristirahat. Tanpa diketahui siapa pun Si Cucu diam-diam melepaskan bambu pada tanduk anoa. Tiba-tiba anoa melompat dan menanduknya. Si Cucu meninggal di tempat itu juga. Tempat itu diberi nama Pendarangan. Dengan duka cita yang dalam mereka mengusung jenazah sang cucu meneruskan perjalanan sang cucu meneruskan perjalanan pulang. Setibanya di kampung, keluarga mereka sangat marah. Mereka mendatangi Tondok Tallu untuk menyerang perkampungan Parinding Bassi. Tapi mereka juga tidak yakin dengan kekuatan persenjataan yang dimiliki dapat menghancurkan Parrinding Bassi dengan para pengawalnya dan penduduk yang telah menjadi pengikutnya. Diputuskan meracuni sumber mata air Tondok Tallu. Kadokoq, racun yang sangat keras dimasukkan ke dalam sumber mata air Tondok Tallu. Musnahlah penduduk Tondok Tallu setelah meminum air beracun kadokok. Hanya Parrinding Bassi, isterinya, dan seorang seorang puteranya Pasok Gallang yang masih kecil, selamat hidup. Parrinding Bassi tidak lagi betah tinggal di Tondok Tallu. Tapi isterinya Datu Lumuran yang lagi hamil tidak mau meniggalkan daerah asalnya. Karena masing-masing keras pendirian keduanya beerpisah, walapupun masih tetap saling mencinta. Parinding Bassi bersama puteranya pergi, meninggalkan Datu Lumuran. Perpisahan yang penuh penderitaan hati dan kesedihan yang dalam. Keduanya berangkat menuju arah barat menyeberangi Sungai Mamasa, tiba di suatu daerah yang oleh Parinding Bassi diberinya nama Matangnga. Datu Lumuran yang sedang hamil meninggalkan Tondok Tallu menuju muara tempatya ditemukan Parinding Bassi dahulu. Di Matangnga, Parinding Bassi kawin dengan Marimbung anak Simbaq Datu dari Tabulahan. Lahir dua orang anak yaitu Manaq Lolo dan Tabudang Ulu. Anak Manaq Lolo yaitu Tambura Langi beranak pinak turun temurun di Matangnga sampai sekarang. Waktu berlalu terus, Pasok Gallang putera Parinding Bassi yang sudah dewasa gemar sekali mencari dan menangkap masapi ‘belut’. Pada suatu hari menyusuri sungai, lalu pindah ke sungai lainnya. Dalam keasyikan mencari dan menangkap belut ia tiba di sungai yang tidak jauh dari Tondok Tallu. Akhirnya tiba di Kampung Minanga (sekarang) tak jauh dari tempat pertemuan orang tuanya (Parinding Bassi – Datu Lamuran) pertama kali. Dilihatnya seorang wanita yang sangat cantik, Rangga Bittoen namanya, puteri Datu Lumuran yang dikandungnya dahulu pada waktu berpisah dengan suaminya Parinding Bassi. Keduanya saling tidak mengetahui mereka bersaudara kandung. Pasok Gallang melamar dan mengawini Rarngga Bittoen. Pada malam pertama perkawinan mereka, sedang asyik bercumbu, tiba-tiba gerhana bulan terjadi. Begitu gerhana bulan selesai berlangsung, keduanya menjadi batu. Sampai tahun 1993 batu yang dipercayai sebagai penjelmaan Pasok Gallang-Rangga Bittoen masih ada. Namanya Kalewe, oleh penganut kepercayaan Adaq Mappurondo/Alaq Todolo,Kelewe dijadikan salah satu tempat pemujaan di daerah itu. Orang-orang diketahui bahwa kedua orang yang telah menjadi batu tersebut sebearnya bersaudara. Orang-orang pun bersedih meratap mengenang peristiwa Kalewe yang menyedihkan. Tiga peristiwa menyedihkan terjadinya dalam cerita di atas yaitu : musnahnya penduduk Tondok Tallu, perpisahan Parinding Bassi dengan isterinya Datu Lumuran, dan Pasok Gallang-Rangga Bittoen menjadi batu. Peristiwa-peristiwa yang menyedihkan itu menimbulkan ratap tangis apabila dikenang dirindukan. Maka konon, timbullah istilah sumarro anna makarorrong (mengeluh-meratap-me­nangis dan mengenang –merindu). Lama kelamaan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa menyedihkan itu disebut Sumarorong. Episode Kedua : Peristiwa Kalewe lama berlalu, suatu hari datang pula satu keluarga baru yang berasal dari Peonan (dalam wilayah Kec.Pana, Kab. Mamasa sekarang). Keluarga Sadaq-Beqlang ini bersama para pengawalnya mendirikan perkampungan di dekat muara ketiga sungai yaitu Sungai Baneaq, sungai yang sekarang disebut Sungai Sumarorong, dan Sungai Mamasa. Kampung mereka diberi nama Betteng. Terletak di kaki bukit. Mereka hidup bertani. Seekor kerbau putih yang mereka dapatkan tiba-tiba hamil, kerbau putih itu dikawini oleh seekor kerbau jantan gaib yang muncul dari muara sungai tempat Datu Lumuran dahulu ditemukan. Kerbau mereka berkembang biak menjadi banyak sekali. Begitu pula tanah-tanah pertanian mereka semakin luas. Kekayaan itu menjadikan mereka sombong, mereka memamerkan kekayaan dengan cara yang berlebih-lebihan. Untuk memperlihatkan bahwa mereka mempunyai kerbau yang banyak sekali, semua kerbau betina yang baru saja beranak dikumpulkan lalu diperah susunya. Susu kerbau ditumpahkan ke sungai di dekat perkampungan mereka. Beberapa saat lamanya, begitu banyaknya susu yang ditumpahkan sehingga sungai berubah menjadi sungai susu. Untuk memperlihatkan bahwa hasil sawah mereka melimpah ruah, maka nasi pulut dibuat menjadi pelempar burung pipit dan dilemparkan kepada orang-orang yang lagi lewat di perkampungan mereka. Mereka juga membagi-bagikan penai ‘parang panjang’ kepada para pemuka masyarakat dan tokoh-tokoh adat yang berdiam di sekitar perkampungan mereka. Perbuatan sombong itu tidak disenangi oleh Ketua Adat. Ketua Adat mengatakan, perbuatan itu akan mendatangkan kutuk tanah, kepada mereka turun temurun. Tanaman tidak akan tumbuh dengan baik karena Dewata Sang Pencipta Alam akan marah. Betul apa yang dikatakan oleh Ketua Adat. Tanam-tanaman tidak ada yang menjadi. Mereka jatuh miskin dan hidup sangat menderita. Merasakan semua itu mereka meratap dan menangis karena mengenang masa makmur dahulu. Beberapa tahun kemudian setelah Tomakaka pemimpin mereka meninggal dunia, turunannya ada yang berpindah tempat ke Lawean di sebelah timur Tondoko Tallu. Di tempat baru itu mereka menemukan seorang menusia kerdil persis anak kecil yang belum tumbuh gigi. Manusia kerdil itu mereka sayangi. Dibuatkan sebuah buaian. Setiap hari, sebelum mereka pergi ke lahan pertanian atau masuk hutan mencari rotan, dan melaksanakan berbagai kegiatan anak kecil itu dimasukkan ke dalam buain. Anehnya, setelah mereka kembali ke rumah, semua makanan dalam rumah habis. Demikian terjadi setiap hari. Suatu hari, mereka berpura-pura pergi meninggalkan rumah seperti biasa. Pada hal mereka tidak pergi. Dengan diam-diam mereka mengintip kedalam rumah. Apa yang terjadi ? Anak kecil itu turun dari buaian dan menghabiskan semua makanan yang ada di dalam rumah. Mereka sadar anak kecil itu ternyata tau lapping ‘orang kerdil liar’. Orang kerdil itu dipukuli. Tiba-tiba bermunculan banyak sekali orang kerdil menyerang mereka. Orang-orang kerdil itu marah karena ada warganya yang disiksa oleh mereka. Tidak jauh dari tempat kejadian, ada seseorang wanita yang sedang mandi sambil mengeramas rambutnya dengan limau. Dari dalam air terdengar suara jelas berkata,"Inde dio to mendiq to melangiq lemo gamba, taeq raka mukareba, taeq raka muissan ladilimbui adeq Betteng la ditaloi adeqna." (Wahai orang yang sedang mandi dan berkeramas dengan limau gamba, tidakkah kamu mendengar berita, tidakkah kamu mengetahui Betteng akan diserang dan akan dikalahkan). Berita segera disampaikan kepada penduduk. Tidak lama kemudian pertempuran hebat terjadi antara Tau Lappun dengan penduduk di Lawean dan Betteng. Pertempuran di darat dan di sungai selalu dimenangi oleh Tau Lappun. Penduduk di Betteng dan sekitarnya hampir punah sama sekali. Orang-orang tersisa pergi mencari jejak Tau Lappun. Mereka menemukan satu gua besar di Buttu Tonggo yaitu hutan di sebelah utara. Mereka mengumulkan ijuk, alang-alang dan Lombok, disumbatkan ke mulut gua, lalu dibakar. Maka musnahlah orang-orang kerdil yang ada di dalam gua. Tidak lama kemudian, muncul seorang kerdil yang hamil yang belum masuk ke dalam gua. Melihat keadaan itu, ia berlari masuk ke hutan kembali. (rupanya, dialah yang berkembang biak lagi sampai sekarang. Orang-orang kerdil, konon, masih sering terlihat oleh para pemburu, peramu rotan dan damar di wilayah tersebut). Setelah peristiwa, penduduk yang tersisa meniggakan kampung Betteng pergi mencari tempat yang aman. Kampung menjadi sunyi senyap sama dengan Tondok Tallu dahulu. Merataplah penduduk Betteng yg pergi itu. Mereka meratap mengenang kampung Betteng yang tiba-tiba musnah. Konon, dua peristiwa menyedihkan di atas (tanaman tidak menjadi, rakyat menderita karena kutukan dewata akibat kesombongan Sadaq-Beqleng dan para pengikutnya, dan peristiwa musnahnya sebagian besar penduduk kampung Betteng akibat serangan orang-orang kerdil) yang menimbulkan duka cita yang dalam, orang-orang meratap (sumarro) mengenang merindukan (makarorrong) masa lalu kampung halaman dan masyarakatnya. Demikianlah asal muasal penamaan kampung/daerah Sumarorong.

Sumber : Afiq Agung (facebook.com/AfiqAgung), kampoeng-mandar.blogspot.com

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...