×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Motif Kain

Elemen Budaya

Motif Kain

Provinsi

Sumatera Barat

Asal Daerah

Sumatera Barat

Kain Non Tenun Sumatera Barat : Sulaman Suji | #OSKMITB2018

Tanggal 10 Aug 2018 oleh OSKM18_16418277_[Muhammad] Iqbal Rahmadhani.

Ketika marak pulai (pengantin laki-laki) diantar ke rumah anak daro (pengantin perempuan), jadilah sebuah pesta perkawinan adat Minangkabau yang dinamakan baralek gadang (pesta besar). Perempuan-perempuan muda yang belum lama menikah biasanya ikut dalam iringan arak-arakan. Mereka dinamakan pasumandan, artinya pengiring dari lingkungan yang baik-baik. Pasumandan pada saat itu memakai pakaian adat yang terbagus dan terbaru, baju yang dipakai mereka biasanya berwarna merah bercorak sulaman. Bagi orang awak, sulaman ini dinamakan suji.Ini kalau memakai satu warna benang. Jika memakai warna-warna benang yang berbeda dinamakan suji cair. Cair artinya memecah atau merambat, maksudnya warna tertentu merambat pada warna yang lain, dengan kata lain bernuansa.

Umumnya ragam-ragam hias suji berupa corak-corak flora, seperti rangkaian bunga dan dedaunan. Penempatan warna benang sangat terkontrol dan terpilih antara ujung. Tengah, dan tangkai bunga, sehingga menimbulkan efek nuansa warna seperti bunga mekar. Begitu juga teknik penyulaman corak-corak daun, sehingga menimbulkan efek mengkilat. Corak Suji Cair bukan hanya penghias baju kurung dan selendang, tetapi sering juga ditata pada permukaan kelambu buat pengantin baru. Kiri-kanan kelambu bagian depan dihiasi dengan kembang-kembang besar, warna dan coraknya diserasikan pula dengan sarung bantal dan sprei. Biasanya warna corak yang dipakai sebagai dasar adalah merah muda atau warna lembut, sedangkan warna-warna corak biasanya yang berdekatan, seperti jingga, kuning, dan merah.

Sampai saat ini, suji cair mempunyai peranan penting dalam ragam hias perlengkapan pakaian adat tradisional Minangkabau, terutama perlengkapan-perlengkapan upacara perkawinan.

Bahan-bahan dasar pembuatnya terdiri atas kain dasar dan benang sulam. Kain dasar, dalam istilah daerah dikenal dengan nama kain tisu, terbuat dari serat sintetis. Sutera, crepe de chine, digunakan atas dasar peranan khusus, sedangkan untuk benang sulam digunakan rayon atau katun halus.

Suji cair juga mengalami diversifikasi produk yang berkembang pada pembuatan taplak meja, sprei, hiasan dinding, saputangan, bahkan sampai pada hiasan sendal, tas, dan sebagainya. Secata sepintas, suji cair tampak seperti border, tetapi kalau ditilik dengan cermat, sulaman ini mempunyai kehalusan tersendiri, akibat dikerjakan dengan tangan. Suji cair dikerjakan di atas kain yang diregangkan pada pamidangan. Kalau bidang yang digarap relative besar, bisa memakan waktu pengerjaan sekitar 1,5 sampai 3 bulan per helai kain. Kegiatan pembuatan suji cair terutama berlangsung di Koto Gadang, dekat Bukittinggi. Selain itu, suji cair juga dibuat di Bukittinggi, Empat Angkat Candung, Sianok dan Balingka

Ketika marak pulai (pengantin laki-laki) diantar ke rumah anak daro (pengantin perempuan), jadilah sebuah pesta perkawinan adat Minangkabau yang dinamakan baralek gadang (pesta besar). Perempuan-perempuan muda yang belum lama menikah biasanya ikut dalam iringan arak-arakan. Mereka dinamakan pasumandan, artinya pengiring dari lingkungan yang baik-baik. Pasumandan pada saat itu memakai pakaian adat yang terbagus dan terbaru, baju yang dipakai mereka biasanya berwarna merah bercorak sulaman. Bagi orang awak, sulaman ini dinamakan suji.Ini kalau memakai satu warna benang. Jika memakai warna-warna benang yang berbeda dinamakan suji cair. Cair artinya memecah atau merambat, maksudnya warna tertentu merambat pada warna yang lain, dengan kata lain bernuansa.

Umumnya ragam-ragam hias suji berupa corak-corak flora, seperti rangkaian bunga dan dedaunan. Penempatan warna benang sangat terkontrol dan terpilih antara ujung. Tengah, dan tangkai bunga, sehingga menimbulkan efek nuansa warna seperti bunga mekar. Begitu juga teknik penyulaman corak-corak daun, sehingga menimbulkan efek mengkilat. Corak Suji Cair bukan hanya penghias baju kurung dan selendang, tetapi sering juga ditata pada permukaan kelambu buat pengantin baru. Kiri-kanan kelambu bagian depan dihiasi dengan kembang-kembang besar, warna dan coraknya diserasikan pula dengan sarung bantal dan sprei. Biasanya warna corak yang dipakai sebagai dasar adalah merah muda atau warna lembut, sedangkan warna-warna corak biasanya yang berdekatan, seperti jingga, kuning, dan merah.

Sampai saat ini, suji cair mempunyai peranan penting dalam ragam hias perlengkapan pakaian adat tradisional Minangkabau, terutama perlengkapan-perlengkapan upacara perkawinan.

Bahan-bahan dasar pembuatnya terdiri atas kain dasar dan benang sulam. Kain dasar, dalam istilah daerah dikenal dengan nama kain tisu, terbuat dari serat sintetis. Sutera, crepe de chine, digunakan atas dasar peranan khusus, sedangkan untuk benang sulam digunakan rayon atau katun halus.

Suji cair juga mengalami diversifikasi produk yang berkembang pada pembuatan taplak meja, sprei, hiasan dinding, saputangan, bahkan sampai pada hiasan sendal, tas, dan sebagainya. Secata sepintas, suji cair tampak seperti border, tetapi kalau ditilik dengan cermat, sulaman ini mempunyai kehalusan tersendiri, akibat dikerjakan dengan tangan. Suji cair dikerjakan di atas kain yang diregangkan pada pamidangan. Kalau bidang yang digarap relative besar, bisa memakan waktu pengerjaan sekitar 1,5 sampai 3 bulan per helai kain. Kegiatan pembuatan suji cair terutama berlangsung di Koto Gadang, dekat Bukittinggi. Selain itu, suji cair juga dibuat di Bukittinggi, Empat Angkat Candung, Sianok dan Balingka

#OSKMITB2018

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...