×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Makanan

Elemen Budaya

Makanan Minuman

Provinsi

Maluku Utara

Asal Daerah

Pulau Morotai

Makanan Khas Pulau Morotai

Tanggal 10 Nov 2019 oleh Deni Andrian.

Berikut ini makanan khas dari Pulau Murotoi antara lain sebagai berikut :

Popeda

Rasanya makanan yang satu sangat enak dan banyak disukai oleh para Taveler. Akan tetapi, sebagian orang belum banyak yang mengetahuinya. Popeda ini merupakan makanan khas Morotai yang dibuat dari sagu. Akan tetapi ada juga yang terbuat dari singkong yang diparut atau tepung Tapioka.

Untuk mencicipi makanan ini biasanya dimakan bersama dengan kuah ikan supaya tidak lengket. Selain itu ada juga mencicipinya dengan pisang, kelapa dan sambal kacang.

Nasi Jaha

Tidak setiap hari masyarakat Morotai ini makan sagu. Pada saat lebaran dan idul adha, masyarakat Morotai ini membuat makanan yang dibuat dari beras, yang biasanya disebut sebagai nasi Jaha.

Berbeda juga dengan nasi umumnya, nasi Jaha ini dibuat dari beras dan santan kelapa yang dimasukkan kedalam bambu setelah itu dibakar. Nasi Jaha ini biasanya dijadikan sarapan oleh masyarakat Morotai.

Gohu Ikan

Makanan ini sangat popular di Morotai. Gohu Ikan ini mempunyai paduan rasa asam, pedas, dan juga gurih. Makanan ini dibuat dari Ikan Cakalang.

Ikan tersebut di potong seperti dadu lalu dicuci bersih setelah itu dilumuri dengan garam dan jeruk nipis yang diperas. Selain itu juga dicampur dengan daun balakama/kemangi agar aromanya terasa lebih enak. Gohu Ikan ini dilengkapi dengan saus yang terbuat dari tumisan bawang merah dan cabe dengan dicampur sedikit minyak kelapa. Setelah itu, rajangan bawang merah ini dan juga minyak kelapa ini di masukkan kedalam potongan ikan Cikalang setelah itu di aduk hingga beberapa saat.

Kue Waji

Kue ini terbuat dari beras dan gula merah. Kue ini merupakan makanan khas Pulau Morotai. Biasanya juga, kue waji ini dijumpai pada saat tahlilan, pesta pernikahan dan acara – acara lainnya. Beras dan gula yang dimasak ini lalu dicetak di sebuah Loyang atau nampan lalu dipotong – potong.

Kue Halua Kacang

Kue ini juga dijadikan sebagai bawaan untuk orang yang datang pada saat acara - acar, seperti acara pernikahan dan juga tahlilan. Kue ini dibuat dari kacang dan gula merah. Biasanya juga dicampur dengan singkong yang digoreng lalu dicincang agar dapat menghemat pemakaian kacang.

Roti Panggang Kenari

Roti Panggang ini mempunyai cita rasa yang begitu nikmat dan sangat cocok dimakan sambil minum segelas teh hangat atau juga kopi. Makanan ini banyak disukai masyarakat khususnya para wisatawan.

Sop Konro

Makanan ini sangat lezat dan juga enak. Makanan ini merupakan makanan khas Kepulauan Morotai yang dicicipi oleh siapa pun. Makanan ini juga mengandung gizi yang begitu banyak, yang dibuat dari bumbu da rempah khas kepulauan Morotai yang membuat orang yang mencicipinya ketagihan.

Ikan Tuna Bakar

Kepulauan Morotai ini sangat banyak sekali terdapat jenis ikan yang lezat dan mengandung banyak gizi, diantaranya yaitu Ikan Tuna. Ikan Tuna yang dibakar ini membuat para wisatawan tertarik ketika menyantap makanan ini, dengan cita rasa yang begitu khas menjadikan selera makan para wisatawan yang berkunjung ke pulau Morotai ini.

Makana Kobong

Makanan in merupakan makanan tradisional khas Morotai yang membuat orang – orang ketagihan ketika mencicipi karena dengan rasa yang begitu lezat dan enak.

Kopi Sibu-Sibu

Di daerah Kep Morotai ini juga sudah dikenal degan minuman Kopi Sibu-Sibu. Kopi Sibu-Sibu ini mempunyai rasa yang sangat enak dan membuat para wisatawan penasaran dengan minuman ini. Banyak wisatawan yang datang ke daerah ini untuk merasakan minuman Kopi Sibu-Sibu ini. Dan meraka mengatakan bahwa minuman ini sangat enak dan juga sangat cocok jika diminum pas masih panas.

Air Guraka

Selain Kopi Sibu-Sibu, Air Guraka ini merupakan minuman tradisional dari Kepulauan Morotai. Minuman ini mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan kita. Di Pulau Morotai minuman ini sangat mudah dijumpai karena Air Golaka ini merupakan air yang berasal dari Pulau Morotai itu sendiri.

Nah, itulah makanan dan juga minuman khas dari Pulau Morotai. Masih banyak lagi makanan khas dan juga Minuman Kepulauan Morotai yang perlu diketahui. Jika kamu penasaran dengan makanan tersebut, kamu juga boleh pergi ke tempatnya langsung untuk mencicipi makanan khas tersebut.

Sumber: https://lancangkuning.com/post/6515/makanan-khas-pulau-morotai.html

DISKUSI


TERBARU


Ikan Mas saus p...

Oleh Deni Andrian | 21 Jan 2020.
Makanan

Bahan-bahan untuk 1 porsi: 1 ekor ikan mas ukuran sedang 500 ml air dlm baskom yang sudah digarami dan bercampur bawang 1 liter minyak goreng...

RICA RICA Ayam...

Oleh Deni Andrian | 21 Jan 2020.
Makanan

Bahan-bahan: 1 ekor Ayam, potong kecil2 (me: potong 10 karna lupa ✌😂) 5 buah cabe merah keriting 10 buah cabe mercon (boleh ditambah jika suka pedas)...

Kupat Tahu Purw...

Oleh Deni Andrian | 21 Jan 2020.
Makanan

Bahan-bahan untuk 10 porsi: 10 buah kupat /ketupat/Lontong 10 buah tahu (potong dadu) Secukup nya Kecambah Secukup nya daun seledri (iris k...

Cendol Dawet Ta...

Oleh Deni Andrian | 20 Jan 2020.
Makanan

Cendol dawet dengan campuran tape ketan. Sumber: Dokumentasi pribadi

Omah joglo dan...

Oleh Cholid NuQy | 20 Jan 2020.
Arsitek

Omah joglo dan limasan rumah adat jawa Salah satu rumah adat di nusantara yang unik adalah rumah joglo dan limasan. Dimana suku jawa adalah pemilik...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai penjaga rum...