Taganing

Tanggal oleh Budaya Indonesia. Revisi 1
Kategori: Alat Musik
Elemen Budaya: Alat Musik
Provinsi: Sumatera Utara
Asal Daerah: Sumatra Utara

Taganing (baca:tagading) ialah salah satu elemen alat musik dalam gondang sabagunan yang berbentuk gendang(drums). Taganing biasanya terdiri dari 5 buah gendang yg mempunyai intonasi suara yg berbeda-beda, cara memainkannya yaitu dipukul dengan 2 buah pemukul(sticks), stik tersebut dinamakan palu-palu dan pemain taganing disebut partaganing.

Adapun nama dari masing-masing gendang(drums) tersebut dari kanan ke kiri: tingting, paidua tingting, painonga, paidua odap, dan odap-odap. Tetapi ada juga beberapa pemusik yang memainkan taganing yang terdiri dari 7 buah gendang yaitu selain kelima drum tadi ada tambahan yaitu gordang dan odap. kedua formasi tersebut tergantung kepada pemainnya.

Taganing terbuat dari kayu pohon(hau) yang masing-masing berbeda bentuk, ukuran dan intonasi suaranya. kebanyakan taganing di buat dari hau ni pinasa(Artocarpus integer/pohon nangka), hau ingul(Cedrella toona) ,hau Joring(phitecolobium lobatu/pohon jengkol), hau ampiras, hau antuang dan hau sitorngom. masing-masing taganing mempunyai ukuran diameter yang berbeda, biasanya mulai dari 18 s/d 24 cm, lalu 40 s/d 55 cm.

Sumber : http://gorga.wordpress.com/2007/06/06/taganing/

Taganing-4.jpg

admin_1294975221uning2anhotasi.jpg