×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Sorodot Gaplok

Elemen Budaya

Permainan Tradisional

Provinsi

Jawa Barat

Sorodot Gaplok

Tanggal 05 Aug 2018 oleh Oskm18_16318232_rizkymaulanaakbar .

Jawa Barat adalah tempat sejuta permaian tradisional. Banyak kota dan kabupaten dengan permainan yang unik dan asyik. Beberapa permaian tradisional bahkan memiliki nama tersendiri di setiap daerahnya, bahkan untuk jenis permaian tradisional yang sama sebutannya bisa saja berbeda. Sorodot gaplok salah satunya.

Sorodot gaplok atau didaerah lain disebut gamparan adalah permaian tradisional dengan media beragam. Pemain bisa menggunakan batu atau bahkan karet gelang.

Cara bermainnya sangat unik, yakni pemain terdiri dari beberapa orang dan masing-masing memiliki satu buah batu atau media lain. Setiap bermain sorodot gaplok harus disediakan arena berupa lahan luas dengan 3 garis. Garis pertama sebagai garis mulai, garis kedua sebagai garis tengah, dan garis ketiga sebagai tempat menyimpan batu.

Cara bermain sorodot gaplok ialah pemain dibagi menjadi dua kelompok, dengan teknis bergiliran. Saat satu kelompok bermain, kelompok yang lain harus meletakan batu di garis ketiga. Para pemain giliran pertama berada di garis mulai untuk melemparkan batu menuju sasaran, dimana batu kelompok lawan menjadi sasarannya.

Jika batu milik pemain berhasil mengenai batu lawan atau sasaran maka pemain tersebut langsung beralih ke garis tengah. Di garis ini, pemain harus meletakan batu miliknya diatas punggung kaki, lalu kembali mengarahkan batunya ke sasaran yang sama, dengan syarat pemain tidak boleh melangkahkan kaki lebih dari dua kali.

Jika setiap pemain dari satu kelompok berhasil melalui tahap demi tahap, kelompok tersebut dinyatakan menang. Namun jika satu atau semua pemain tidak berhasil, maka kelompok lain akan mendapat giliran bermain. Permainan ini dapat melatih kebersamaan, kekompakan, dan jiwa sosial anak.

DISKUSI


TERBARU


Diniyohu dan Ma...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Makanan Tradisional Gorontalo

Diniyohu, Ilabulo, Binthe Biluhuta, Dabu-Dabu Sagela

Omu dan Kue Ker...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Minuman dan Kue Tradisional

Minuman Omu dan Kue Kering tradisional Gorontalo

Menjelajahi Kek...

Oleh Nikeisha | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Menjelajahi Kek...

Oleh Kelis | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Budaya adat bet...

Oleh Rizka Vivi Aurelia | 18 May 2024.
Seni pertunjukan dan Makanan khas betawi

Perkenalkan Saya Rizka Vivi Aurelia, Saat ini saya berusia 21 tahun, saya ingin mengikuti perlombaan dari budaya indonesia. semoga hasil dari editing...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...