×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Sobat Budaya

Tanggal 11 Oct 2011 oleh Vande Leonardo.

Aktivitas

Sejuta Data Budaya adalah sebuah program yang memiliki ambisi untuk dapat mengumpulkan data tentang budaya Indonesia, sebuah negeri yang memiliki diversitas kultural yang sangat tinggi. Menyadari hal tersebut, maka program ini tentunya membutuhkan partisipasi yang luas.
Sobat Budaya merupakan salah satu bentuk partisipasi yang mungkin dalam program ini. Aktivitas utama yang dilakukan oleh Sobat Budaya adalah menjadi agen kampanye pendataan elemen budaya.
Beberapa aktivitas lain yang nantinya akan melibatkan Sobat Budaya adalah:

  • Kepanitiaan Event Organizer (EO)
    Beberapa event akan dilakukan di daerah-daerah. Acara ini akan lebih bersifat kampanye yang didukung oleh lembaga/perusahaan/pemeritahan setempat.
    Idealnya, Sobat Budaya yang ingin berkontribusi menjadi EO mampu bekerja sama.
  • Representatif IACI dalam implementasi KapaK.
    Pendataan budaya juga dilakukan lewat kantong budaya (museum, organisasi kebudayaan, dll) dengan sebuah perangkat lunak khusus (KapaK). Sobat Budaya dapat berkontribusi untuk menjadi pendamping rekan IACI dalam mendata elemen budayanya.
    Idealnya, Sobat Budaya di sini mengetahui tentang teknologi informasi. 
  • Tim Ekspedisi IACI
    Di beberapa tempat, sangat dimungkinkan terdapat artefak budaya yang belum terdata. IACI tidak jarang melakukan ekspedisi untuk memperoleh data. Sobat Budaya, khususnya yang sedikit banyak mengetahui lokasi sekitar, sangat dibutuhkan saat ekspedisi tersebut.
    Idealnya, Sobat Budaya mengetahui lokasi dan kultur daerah ekspedisi yang dikunjungi. Selain itu, kemampuan fotografi atau bentuk dokumentasi dokumentasi lain juga akan sangat membantu. 

  • Tim Online
    Media utama yang digunakan dalam kampanye ini adalah Website (online) dan media sosial. Karenanya, Sobat Budaya yang memiliki bakat tentang desain web, desain grafis dapat menyumbangkan karyanya.
    Idealnya, Sobat Budaya memiliki pengetahuan desain web, desain grafis. 

Pun demikian, hal yang tidak boleh dilupakan oleh Sobat Budaya adalah tentang pendataan. Karenanya, sumbangan data elemen budaya adalah yang utama. Menjadi Kontributor, adalah aktivitas utama Sobat Budaya.


Siapa & Cara Mendaftar
IACI tidak membuat persyaratan khusus untuk menjadi Sobat Budaya. Namun, kepedulian terhadap data dan budaya semoga menjadi motivasi calon Sobat Budaya untuk bergabung dan berkarya bersama.
 

Untuk mendaftar menjadi Sobat Budaya, kirimkan surel (email) dengan isi:
Nama : 
Alamat : 
No. KTP : 
No. Telp/HP : 
Facebook ID : 
Akun Twitter : 
Keahlian atau Kontribusi yang mungkin:

lalu alamatkan ke : sobatbudaya@gmail.com

Atau melalui pos dengan alamat:
Indonesian Archipelago Culture Initiatives d/a:
Jl. Sarimadu No. 175   Blok 24 Sarijadi
Bandung, Jawa Barat, 40164
telp. 022-82025586
email. office@budaya-indonesia.org.

TERBARU


Diniyohu dan Ma...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Makanan Tradisional Gorontalo

Diniyohu, Ilabulo, Binthe Biluhuta, Dabu-Dabu Sagela

Omu dan Kue Ker...

Oleh Ninaninu Cafe | 24 May 2024.
Minuman dan Kue Tradisional

Minuman Omu dan Kue Kering tradisional Gorontalo

Menjelajahi Kek...

Oleh Nikeisha | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Menjelajahi Kek...

Oleh Kelis | 22 May 2024.
Makanan Tradisional

Selamat menikmati perjalanan kuliner Anda di Pulau Dewata, dan mari kita terus mendukung dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia di mata dunia.

Budaya adat bet...

Oleh Rizka Vivi Aurelia | 18 May 2024.
Seni pertunjukan dan Makanan khas betawi

Perkenalkan Saya Rizka Vivi Aurelia, Saat ini saya berusia 21 tahun, saya ingin mengikuti perlombaan dari budaya indonesia. semoga hasil dari editing...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...