×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

situs hindu kuno jawa tengah

Elemen Budaya

Produk Arsitektur

Provinsi

Jawa Tengah

Asal Daerah

Desa dieng kulon, kec. Batur, Kab.Banjarnegara (Kawasan Dataran Tinggi Dieng)

SENDANG SEDAYU & MAEROKOCO- DIENG PLATEAU

Tanggal 04 Jan 2019 oleh Dhimas_ferdhiyanto .

Terletak di Kompleks Candi Arjuna, tepatnya sebelum Anda memasuki kompleks candi, terdapat sebuah situs penyucian diri. Situs ini terdiri dari dua sumber mata air dan sebuah bangunan mirip yang bentuknya mirip pendapa.

Sendang Sedayu dan Sendang Maerokoco merupakan dua sumber air yang sangat penting dalam ritual kebudayaan masyarakat dataran tinggi Dieng. Dua sumber air ini dianggap sebagai air suci yang dapat membersihkan diri dan jiwa umat yang ingin bersembahyang di Kompleks Candi Arjuna.

Secara etimologi, “sendang” berarti kumpulan air suci, sementara “rahayu” berarti membersihkan diri. Karenanya, “sendang sedayu” dapat diartikan sebagai mata air suci yang digunakan untuk membersihkan diri.

Lain halnya dengan Sendang Maerokoco. Nama “maerokoco” disematkan pada sumber air ini merujuk pada sosok Gatotkaca. Ketika dilahirkan, Gatotkaca tidak bisa melihat. Di sumber mata air ini, setiap orang yang datang diharapkan dapat melakukan introspeksi terhadap semua hal yang pernah dilakukan.

Di dekat Sendang Maerokoco, tepatnya di bawah pohon cemedi yang menaungi sumber air ini, terdapat makam Panglima Kumbang. Panglima Kumbang merupakan salah seorang panglima di masa Mataram Islam.

Ritual penyucian diri akan dimulai di Sendang Sedayu lalu ke Sendang Maerokoco dan berakhir di sebuah bangunan yang disebut Dharmasala. Dharmasala merupakan sebuah tempat bagi para umat untuk merapikan pakaian sebelum beranjak ke tempat persembahyangan.

Dharmasala juga berfungsi sebagai tempat berkumpulnya para umat dan mendengarkan penjelasan tata cara peribadatan yang dijelaskan oleh seorang biksu.

Dharmasala merupakan bangunan panggung. Bagian atas atau panggung bangunan ini memang sudah mengalami beberapa kali pergantian karena faktor pelapukan. Tapi, batu-batu di bawahnya yang menjadi pondasi tidak pernah mengalami pergantian.

Sendang Sedayu, Sendang Maerokoco, dan Dharmasala diperkirakan sudah ada bersamaan dengan dibangunnya Kompleks Candi Arjuna pada sekitar abad 8 masehi. Bahkan, ada sumber yang menyebutkan keberadaannya lebih tua, karena berkaitan dengan kepercayaan Kapitayan. Kapitayan merupakan sistem kepercayaan yang dipeluk masyarakat Dieng sebelum masuknya Hindu dan agama-agama lain. Dalam kepercayaan ini, keberadaan air atau sumber air sangat penting karena dianggap sebagai tempat awal kehidupan.

Sementara, dalam Agama Hindu ada dua hal penting dalam penentuan tempat pembangunan peribadatan. Dua hal tersebut adalah berada di ketinggian dan adanya sumber mata air yang dianggap suci.

Ketiga tempat ini menjadi bagian yang terpisahkan dari acara sakral masyarakat Dataran Tinggi Dieng, ruwatan anak berambut gimbal. Di ketiga tempat inilah, anak-anak berambut gimbal yang akan dipotong rambut gimbalnya dan dimandikan atau disucikan.

Sendang Sedayu, Sendang Maerokoco, dan Dharmasala berada di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. Karena berada di area Kompleks Candi Arjuna, tiket masuk ke area ini tergabung dengan tiket masuk Kompleks Candi Arjuna. [Agung/IndonesiaKaya]

DISKUSI


TERBARU


Tradisi Sekaten...

Oleh Journalaksa | 29 Oct 2024.
Tradisi Sekaten Surakarta

Masyarakat merupakan kesatuan hidup dari makhluk-makhluk manusia saling terikat oleh suatu sistem adat istiadat (Koentjaraningrat, 1996: 100). Masyar...

Seni Tari di Ci...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Seni Tari Banyumasan

Seni tari merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Cilacap. Tari-tarian tradisional yang ber...

Wayang Banyumas...

Oleh Aniasalsabila | 22 Oct 2024.
Wayang Banyumasan

Wayang merupakan salah satu warisan budaya tak benda Indonesia yang memiliki akar dalam sejarah dan tradisi Jawa. Sebagai seni pertunjukan, wayang te...

Ekspresi Muda K...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Ekspresi Muda Kota

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak hanya ditemui pada bidang informasi, komunikasi, transportasi, konstruksi, pendidikan, atau kesehatan...

Refleksi Realit...

Oleh Journalaksa | 19 Oct 2024.
Refleksi Keraton Yogyakarta Melalui Perspektif Sosiologis

Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Adanya manusia menjadi penyebab munculnya kebudayaan. Kebudayaan sangat penting dalam k...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...