Ritual Soro Nei, Ritual Penyelamatan Paus Biru

Tanggal oleh Aze . Revisi 1
Kategori: Ritual Adat
Elemen Budaya: Ritual
Provinsi: Nusa Tenggara Timur
Asal Daerah: Kabupaten Lembata

Ritual Soro Nei, sebuah ritual kearifan lokal untuk menyelamatkan paus agar tidak terdampar. Dimulai dengan membuat bunyi-bunyian di bawah laut untuk membawa ke pintu keluar palung. Kemudian ditambah dengan dengan lantunan doa dan sejumlah sarana pengantarnya. Secara harfiah seperti spirit memberi makan dan memanggilnya menuju laut. Menggunakan sejumlah sarana seperti kapas, ikan kering putih, dan tuak atau air deresan bunga kelapa/lontar. Ritual tersebut dilakukan oleh masyarakat di Teluk Waienga, Desa Watodir, Kecamatam Ile Ape, Kabupaten Lembata.

Ritual Soro nei bisa dibilang memberi makan dan meminta untuk kembali ke laut lepas ritual ini dilakukan oleh para tuan tanah di sekitar teluk. Sarananya antara lain, kapas dipelintir menjadi bola-bola kecil, ada juga sejenis umbi-umbian yang biasa disematkan pada bayi untuk menolak bala. Lalu ada ikan kering putih non pelagis yang digandeng biji beras.Kapas dipelintir saat pelafalan doa. Persembahan untuk moyang leluhur menyambut sang pencipta. Melalui doa menyapa leluhur yang dipercaya menguasai kawasan. Juga doa untuk sang matahari dan bulan, tanah, dan bumi.

Ritual tersebut dilakukan untuk menghalau paus-paus biru yang hendak ke teluk. di Ujung teluk ada kanal seperti pintu masuk mirip selokan. Ketika paus masuk “kolam” ini di sekelilingnya tebing dalam laut berbentuk lingkaran, kadang muncul daratan kalau surut. Jadi paus dapat terjebak dalam selokan itu.

Masyarakat Lembata meyakini Paus Biru tidak boleh diburu. Di pantai Selatan Lamalera ada tradisi tradisi perburuan paus jenis tertentu secara tradisional. Pusat hidup dan kehidupan adalah paus. Ekonomi, spiritualitas, sosial, komunal pusarannya paus. Bagi warga Lamalera kehadiran paus adalah berkah untuk kehidupan. Kehadiran juga diterjemahkan dimulainya masa musim tanah.

sumber : http://www.mongabay.co.id/2017/10/26/ritual-penyelamatan-paus-biru-di-lembata/

azeee__kehadiranpausbiru.JPG

azeee__penanganan-paus-biru.jpg