Ogoh-ogoh

Tanggal oleh Usman . Revisi 4 oleh Wulan pada .
Kategori: Perayaan
Elemen Budaya: Ritual
Provinsi: Bali
Asal Daerah: Bali

Tepat satu hari sebelum Nyepi, semua desa di Bali mengadakan ritual di jalan lintas utama desa, yang dianggap tempat pertemuan setan. Mereka biasanya membuat Ogoh-ogoh (roh jahat atau Kala Butha terbuat dari bambu) untuk tujuan karnaval. Merupakan kemeriahan pawai karya figuratif besar yang biasa disebut ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh monster melambangkan roh-roh jahat di sekitar lingkungan kita yang harus disingkirkan dari kehidupan kita. Ogoh-ogoh biasanya tokoh raksasa yang diambil dari pengetahuan Bali klasik. Semua memiliki taring, mata melotot dan rambut menakutkan.  Kegiatan ini biasanya diselenggarakan oleh Teruna Seka, organisasi pemuda Banjar. Karnaval sendiri diadakan di seluruh Bali bersesuaian dengan terbenamnya matahari. Bleganjur berupa musik gamelan Bali mengiringi prosesi.  Karnaval ogoh-ogoh sudah dianggap bernilai pertunjukan sehingga dinikmati semua orang termasuk wisatawan.

Ogoh-ogoh juga berkaitan dengan ritual selanjutnya yaitu: Pengrupukan. ritual ini meliputi beberapa hal, salah satunya patung Buta Kala yang telah diarak keliling lingkungan desa maupun banjar  Ogoh-ogoh pun kemudian dibakar. Ogoh-ogoh merupakan simbol Bhuta Kala atau roh jahat yang harus dihanguskan. Menjelang tengah malam ogoh-ogoh  dibakar sebagai simbol kembalinya Bhuta Kala ke alamnya, sehingga terwujud keharmonisan hidup manusia dan alam. Kegiatan ini juga diiringi Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar. Keesokan harinya Ritual Nyepi dimulai. 

Ogoh-Ogoh, satu hari sebelum nyepi masyarakat Hindu di Bali & Lombok melangsungkan perayaan ogoh-ogoh. Ogoh-ohoh itu sendiri patung raksasa ya g terbuat dari rangka bambu yang dilapis kertas dan kain. Biasanya ogoh-ohoh akan diarak dengan cara diangkat beramai-ramai sampai kemudian akhirnya dibakar / dimusnahkan. Hal tersebut untuk melambangkan pembersihan diri dari roh jahat (raksasa) sebelum masuk ke ritual nyepi.

bunxu_ogoh-ogoh_DxO-yp.jpg

bunxu_ogoh2.jpg