Leuit Si Jimat

Tanggal oleh Cuiichoco . Revisi 1
Kategori: Arsitektur Tradisional
Elemen Budaya: Produk Arsitektur
Provinsi: Jawa Barat
Asal Daerah: Ciptagelar Sukabumi

Setiap kali berpindah pusat pemerintahan, warga selalu membawa serta lumbung komunal yang dijuluki leuit Si Jimat. Lumbung tua yang menjamin ketersediaan pangan warga itu saat ini ditempatkan tepat di samping Imah Gede Ciptagelar. Warga bisa meminjam benih padi dari leuit Si Jimat tanpa bunga.

Kehadiran lumbung atau leuit yang terbuat dari bambu dengan atap dari ijuk , namun ada yang unik dari leuit si jimat ini, terdapat ukiran – ukiran yang unik di dinding leuit Si Jimat yang  menjadi ciri khas Kampung Ciptagela, misalnya terdapat ukiran kerbau dan sejenis rumput - rumputan. Dari lumbung-lumbung itu, status sosial warga bisa dibaca. Semakin kaya seseorang, maka semakin banyak leuit yang dimiliki. Abah Ugi, misalnya, memiliki 21 leuit pribadi dan 7.000 leuit komunal.

Demi keberlangsungan ketersediaan pangan, warga Ciptagelar dilarang memperjualbelikan padi lokal dan apapun olahan yang terbuat dari beras. Dengan sistem ini, warga tidak pernah kekurangan pangan walaupun hanya panen sekali dalam setahun. Warga juga menerapkan pertanian tradisional berpedoman pada bintang tanpa pupuk kimia ataupun insektisida.Dan konon katanya di Ciptagelar belum pernah mengalami gagal panen,ini dikarenakan mereka masih kukuh memegang adat istiadat dalam mercocok tanam.

 

cuiichoco_IMG_100.JPG