×

Akun anda bermasalah?
Klik tombol dibawah
Atau
×

DATA


Kategori

Makanan

Elemen Budaya

Makanan Minuman

Provinsi

Jawa Tengah

Asal Daerah

Surabaya

Kue Jongkong Khas Surabaya

Tanggal 19 Dec 2015 oleh Iklimah .

                           Resep Kue Jongkong Surabaya

Resep Kue Jongkong Surabaya - Yang pernah datang ke surabaya, pastinya pada tau dong dengan kuliner yang satu ini, namanya kue jongkong surabaya. Namanya memang cukup unik tapi memang begitulah adanya. Kue ini termasuk dari salah satu yang paling populer lho temen-temen di kota pahlawan itu, selain kue lapis legit dan juga kue lapis surabaya.

Kue jongkong surabaya memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda lho dengan kue jongkong variasi dari wilayah lainnya seperti dari bangka, dll. Mau tau apa itu? baiklah ciri khas utamanya yakni pada campuran bahan pembuatannya yang memakai abu merang.

Abu merang yang digunakan berasal dari merang yang dibakar kemudian ditumbuk dengan halus. Pemakaian abu merang inilah kunci utama yang membuat kue ini memiliki rasa dan aroma yang sangat berbeda dengan kue jongkong yang lainnya.

Kue ini cenderung bisa dikenali dengan mudah karena lapisan nya biasanya berwarna hitam dan hijau. Hitam itu dari abu merang, kalau yang hijau itu dari campuran air daun suji dan daun pandan. Penasaran ingin mencoba rasa dari kue ini?.

Ya kalau begitu, tinggal beli saja ya di surabaya. Itupun bagi yang bisa untuk kesana dan kalau yang tidak bisa jangan bingung dulu. Kita buat saja sendiri di rumah, lah resepnya sudah ada kok, Nih silahkan disimak.

Resep Kue Jongkong Surabaya

Bahan-bahan:

 

  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 800 ml air santan kelapa dari 1 buah butir kelapa
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air abu merang, cara buatnya ialah siapkan 50 gram merang bakar, lalu campur dengan 100 ml air, aduk-aduk kemudian saring biar kotorannya tidak ikut.
  • 100 ml air daun suji dan daun pandan yang dibuat dari perasan 30 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan
  • 1/2 butir kelapa muda, di parut kasar, lalu kukus dengan ditambah sedikit garam dapur
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya buat pengoles

Cara membuat kue jongkong surabaya ialah:

 

 

  1. Pertama, campur tepung beras, tepung kanji, garam dapur, gula pasir dan santan kelapa. aduk rata hingga menjadi adonan.
  2. Setelah itu bagi adonan tadi menjadi 2 bagian. 1 bagian di campur dengan air abu merang dan 1 bagian lagi di campur dengan air daun suji dan daun pandan. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah selanjutnya, siapkan loyang dengan ukuran 15 x 15 x 4 cm dan olesi dengan menggunakan minyak goreng. Taruh loyang tersebut ke dalam kukusan yang telah di panaskan.
  4. Tuang satu sendok sayur adonan yang menggunakan air abu merang kedalamnya, kukus kurang lebih selama 5 menit.
  5. Setelah itu gantian, tuang satu sendok sayur adonan yang memakai air daun suji dan daun pandan kedalam loyang dan sama seperti tadi, masak kurang lebih selama 5 menitan.
  6. Lakukan seperti itu ( selang seling antara adonan air abu merang & adonan air daun suji dan air daun pandan) terus sampai adonan nya habis.
  7. Setelah adonan habis dan loyang telah terisi penuh, masaklah kurang lebih 30 menit sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat lalu dinginkan.
  9. Untuk menyajikannya, potonglah kue jongkong nya menjadi beberapa bagian lalu santaplah bersama dengan parutan kelapa.

 

Note : Untuk 24 potong

Memang rasanya butuh kesabaran dalam membuat kue jongkong surabaya ini. Tapi saya rasa itu semuanya pastinya akan terbayar kok setelah kita mencicipi gimana enaknya rasa dari kue ini, he he he. Baiklah cukup sekian dulu pembahasan kali ini.

Dan jangan lupa ya baca artikel resep menarik yang telah tersedia di blog ini. Terima kasih banyak dan selamat anda mencoba!

 

RM/Toko yang Menyediakan:
 
Ny Cake Shop Yasin Zein
Cake Shop
Address: Jl. Dharmahusada Indah Utara I/25 Blok B 44, Surabaya, Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60115
Phone: 0813-3871-2411

 

Sumber: http://buletinresep.blogspot.co.id/2015/04/resep-kue-jongkong-surabaya.html

DISKUSI


TERBARU


Pentingnya Mele...

Oleh Naluritannisa | 21 Jun 2021.
Manuskrip

PENDAHULUAN Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang sangat terkenal dikarenakan memiliki kekayaan sumber daya alam yang...

Cari aksesoris...

Oleh Baliya | 21 Jun 2021.
BROS

Cari aksesoris kebaya untuk penampilan modis dan trend terkini? BALIYA.ID menjual berbagai pilihan Bros Kebaya Modern yang elegan dan mewah....

Angeun Kacang B...

Oleh Deni Andrian | 20 Jun 2021.
Makanan

Bahan-bahan: 250 gr kacang merah 1 batang daun bawang 5 siung bawang merah 2 lembar daun salam 1,5 sendok sayur gula merah 1/2 bks asem...

Angeun Kacang B...

Oleh Deni Andrian | 20 Jun 2021.
Makanan

Bahan-bahan: 400 gram Kacang merah 3 Salam 2 ruas Lengkuas geprek 1 liter Air 1 sdt Asam jawa 1 keping Gula merah 1 bungkus Terasi...

Angeun kacang t...

Oleh Deni Andrian | 20 Jun 2021.
Makanan

Bahan-bahan: 350 gram Tulangan ayam 400 gram Kacang merah 3 Salam 1 ruas Lengkuas geprek 3 Tomat merah potong2 2 batang Daun bawang pot...

FITUR


Gambus

Oleh agus deden | 21 Jun 2012.
Alat Musik

Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu.Pergeseran nilai spiritual...

Hukum Adat Suku...

Oleh Riduwan Philly | 23 Jan 2015.
Aturan Adat

Dalam upaya penyelamatan sumber daya alam di kabupaten Aceh Tenggara, Suku Alas memeliki beberapa aturan adat . Aturan-aturan tersebut terbagi dala...

Fuu

Oleh Sobat Budaya | 25 Jun 2014.
Alat Musik

Alat musik ini terbuat dari bambu. Fuu adalah alat musik tiup dari bahan kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil pend...

Ukiran Gorga Si...

Oleh hokky saavedra | 09 Apr 2012.
Ornamen Arsitektural

Ukiran gorga "singa" sebagai ornamentasi tradisi kuno Batak merupakan penggambaran kepala singa yang terkait dengan mitologi batak sebagai...