Holat

Tanggal oleh Dhika
Kategori: Makanan Khas
Elemen Budaya: Makanan Minuman
Provinsi: Sumatera Utara
Asal Daerah: Tapanuli Selatan

Holat adalah masakan khas dari Provinsi Sumatera Utara. Holat dibuat dari bagian ujung kayu rotan muda yang sudah dipanggang dan campur dengan kulit kayu balaka yang biasanya hanya terdapat di hutan kawasan Tapanuli Selatan. Sebenarnya holat adalah sebentuk kuah parutan pohon balakka yang bisa dicampur dengan berbagai lauk, tapi campuran holat yang paling dikenal adalah ikan mas bakar dan pakkat (batang sejenis rotan). Konon, masakan dari ikan bakar yang berkuah segar ini merupakan makanan buat para raja khas Tapanuli Selatan.

Bahan-bahan: Ikan mas, dipotong dan dipanggang Batang balakka yang berkulit tebal Beras

Bumbu-bumbu: Bawang merah, iris-iris Cabai rawit, ditumbuk Jeruk nipis secukupnya (pola asam galugur, asam riang - riang muda adong dapot) Jahe secukupnya, iris-iris Garam secukupnya

Cara Membuat: 1. Pisahkan kulit balakka dari batangnya. Buang kulit bagian terluarnya, lalu serut kulit balakka. 2. Campurkan irisan bawang dan jahe dengan serutan kulit balakka hingga merata. 3. Siapkan tungku tanah liat. Sangrai beras hingga harum, lalu tumbuk sampai halus. Saring beras dan campurkan dengan serutan belakka. 4. Tambahkan garam secukupnya, masukkan air mendidih kedalam adonan tanpa direbus. 5. Campur dan aduk adonan hingga merata. Setelah tercampur semua adonan, masukkan potongan ikan mas yang telah dipanggang kedalam adonan. Diamkan hingga dingin. 6. Siapkan perasan jeruk nipis, cabai rawit yang telah ditumbuk atau tambahkan juga kecap manis atau kecap khas tapanuli sebagai cocolan atau pelengkap.

Sumber: https://dapur-teh-enur.blogspot.com/2015/11/ikan-bakar-bumbu-holat-khas-tapsel.html