kebaya

Tanggal oleh Borip X7
Kategori: pakaian kebaya
Elemen Budaya: Pakaian Tradisional
Provinsi: Jawa Tengah
Asal Daerah: jawa
Pendeknya busana kebaya yang hampir tidak dimiliki oleh bangsa lain ternyata mampu membuat perempuan dalam ukuran apapun terlihat seksi dan elegan. Anda hanya perlu memperhatikan  pemilihan bahan, model yang tepat dengan postur tubuh dan warna kulit.
 
Kebaya yang dulunya hanya dipandang sebagai busana tradisional kini semakin mendapat tempat di hati kaum perempuan. Bukan hanya istri pejabat yang mengenakannya tapi juga kaum selebritis dan masyarakat awam. Bahkan banyak perempuan sekarang tidak hanya mengenakan kebaya sebagai busana formal tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Kebaya tradisionalpun banyak diminati.
 
Namun apapun bentuk dan modelnya, kebaya tradisional maupun modern , satu yang tidak boleh ditinggalkan dari kebaya yakni soal pakem atau sileut yang membentuk bagian tubuh. Siluet ini merupakan dasar dari kebaya dan ada tiga macam yang melegenda di kalangan masyarakat Indonesia yakni Jawa, Sunda dan Kurung.
 
Konon berkat pakem nenek moyang ini pula, perempuan yang merasa perutnya terlihat besar tetap bisa tampil percaya diri. Memang semua tergantung rancangan busana tersebut tetapi sebaiknya kenakan puring sebagai bagian dalam kebaya. Warna korset atau tank top ketat dan bra sebaiknya sesuai dengan warna kebaya.
 
Untuk bahan saat ini sangat variatif dan untuk kebaya saat ini tidak lagi identik dengan brokat.  Bahan katun, sifon, shantung print, sutera Thailand dan bahan-bahan bermotif lainnya juga bisa dijadikan kebaya dan tidak kalah menarik dengan pilihan warna yang beragam.
 
Jika dulu kaum perempuan cenderung menggunakan kebaya dengan warna-warna tua seperti hitam, abu-abu, coklat, merah maroon, sekarang banyak perempuan memilih kebaya dengan warna-warna cerah seperti putih, kuning gading, sewarna kulit, kuning keemasan, perak dan warna pastel lainnya yang tak kalah elegannya. Apalagi ditambah dengan sulamat benang emas, hiasan payet, korsase maupun simpul modern lainnya. Anda bisa coba kenakan kebaya coklat muda dipadu dengan korset ketat yang menonjol dengan model lipit.
 
Berbusana dengan menggunakan kebaya putih gading sangat cocok dalam suasana dan cuaca apapun. Cobalah untuk aksen brokat sebagai lis sepanjang  lengan dan leher terbuka yang mengarah pada pakem Sunda sehingga membuat kebaya ini tidak hanya pas sebagai baju pengantin tapi juga pesta istimewa.  Apalagi dipadukan dengan kain batik motif kuno yang dimodifikasi ulang dengan kain payet.
sumber
http://kanayakebaya.blogspot.com/2010_12_01_archive.html