Sate Kere Jogja

Tanggal oleh Oase . Revisi 2 oleh Fachni pada .
Kategori: Makanan
Elemen Budaya: Makanan Minuman
Provinsi: DI Jogjakarta
Asal Daerah: Jogja

Gajih berasal dari bahasa Jawa yang artinya lemak. Lemak yang dipakai berasal dari daging sapi atau sandung lamur. Sate gajih biasa disebut koyor atau sate kere. Sate gajih identik dengan sekaten, makanan dari lemak daging sapi ini selalu hadir dalam acara tahunan menyambut maulid Nabi Muhammad SAW. Pagelaran sekaten menjadi momen yang sering dipakai penjual sate gajih menjajakan dagangannya. Dahulu, tidak hanya sekaten sebagai pelabuhan bagi pedagang sate gajih ini. Setiap ada wayang, ketoprak atau pasar malam tingkat desa dan kecamatan, pedagang sate gajih selalu hadir. Namun sayang pedagang semakin sedikit dengan sedikitnya wayang, ketoprak atau pasar malam yang diadakan. Pedagang lebih sering terlihat pada sekaten, hajatan besar yang sebenarnya hanya berlangsung setahun sekali.

Sebelum dibakar, gajih terlebih dahulu diberi bumbu. Bumbu yang digunakan adalah bumbu dendeng yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula jawa, dan beberapa bumbu lainnya. Sate gajih yang masih mentah berwarna putih, ketika dibakar lama-kelamaan warnanya berubah menjadi bening kecokelatan atau kuning keemasan. Paling enak disantap ketika masih panas langsung digigit masuk mulut. Teksturnya yang kenyal dan berlemak sangat nikmat sekali dikunyah, setiap kunyahannya mengeluarkan rasa gurih dan manis. Sate gajih harus segera dimakan setelah dibakar karena jika tidak akan mengeras.

Seiring berjalannya waktu, penjual sate gajih semakin berkurang. Sekarang hanya ditemui satu atau dua penjual saja di sekitar Pasar Beringharjo, Jalan Pabringan. Sate ini tersedia dari pagi sampai sore hari. Ada pula yang berlokasi di depan Pura Pakualaman dan di selatan Plengkung Gading, atau tepatnya selatan perempatan swalayan Maga jalan DI. Panjaitan.

 

RM/Toko yang Menyediakan:

 
Sate Kere
Rumah Makan
Alamat: Jl. R. E. Martadinata No.135, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262

 

Sumber:

Murdijati Gardjiton Dkk. 2017. Kuliner Yogyakarta: Pantas Dikenang Sepanjang Masa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

http://travel.kompas.com/read/2016/03/02/221421127/Sate.Kere.Kuliner.Unik.di.Pasar.Beringharjo

http://www.ardiankusuma.com/2016/03/menyantap-sate-gajih-tanpa-harus-menanti-sekaten.html

oakirbin_sategajih1.jpg

oakirbin_sategajih2.jpg

oakirbin_sategajih3.jpg

oakirbin_sategajih4.jpg