Ikan Opudi, Ikan Endemik Sulawesi Selatan

Tanggal oleh Oskm18_19718121_nur maharani
Kategori: Hewan Endemik
Elemen Budaya: Ornamen
Provinsi: Sulawesi Selatan
Asal Daerah: Luwu Timur

Indonesia adalah negara yang kaya akan hewan dan tumbuhan endemik (red--hanya ada di Indonesia, tidak bisa ditemukan di tempat lain). Anda, para pembaca, mungkin tahu beberapa contoh mainstream-nya, seperti jalak bali (Bali) dan bekantan (Kalimantan). Namun, saya yakin bahwa tak banyak dari Anda yang pernah mendengar tentang ikan Opudi, hewan endemik asal Sulawesi Selatan.

Opudi (Telmatherina celebensis) adalah hewan yang banyak ditemui di lima danau yang terletak di pertengahan Sulawesi, yakni Danau Mahalona, Danau Wawantoa, Danau Matano, Danau Masapi, dan Danau Towuti. Bentuknya yang unik membuat banyak orang tertarik untuk memelihara Opudi, tanpa peduli bahwa status Opudi saat ini adalah "terancam punah". Terutama dengan maraknya pembalakan liar dan "campur tangan manusia" yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir ini.

Konon, dulu, Opudi sangat mudah ditemukan di tepi danau. Mereka sering ditemukan berenang di sela-sela akar mangrove. Namun, sayangnya, letak Opudi "bergeser" ke tengah setelah perumahan apung (di atas danau) mulai dibangun, lalu masyarakat mulai memanfaatkan kolong rumah apung sebagai arena tambak.

oskm18_19718121_nurazizahmaharani_ScreenShot2018-08-08at22.33.48.png