Cucurak: Menyambut Ramadhan ala Masyarakat Bogor

Tanggal oleh Wulan . Revisi 1 oleh Yulia Wita Rizky pada .
Kategori: Tradisi
Elemen Budaya: Ritual
Provinsi: Jawa Barat
Asal Daerah: Bogor

Di Bogor juga memiliki tradisi piknik bersama keluarga di minggu terakhir menjelang Ramadan bernama cucurak. Cucurak adalah sebuah perayaan masyarakat Bogor untuk menyambut bulan suci Ramadhan.  Cucurak tersendiri adalah Tradisi berkumpul dan makan bersama antar kerabat dan keluarga tersebut kerap diadakan di pekan terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan. Cucurak sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Bogor sebelum datangnya bulan suci Ramadhan. Selain makan-makan bersama, cucurak merupakan sebuah tradisi saling maaf-memaafkan menjelang bulan puasa.

Cucurak berasal dari kata "curak-curak" yang diartikan dengan kesenangan atau suka-suka. Sebenarnya cucurak tidak selalu dilakukan saat menjelang Ramadhan, cucurak juga bisa dilakukan ketika kita mendapatkan berkah seperti lulus sekolah, naik pangkat, dll. Namun masyarakat Bogor lebih sering melakukan Cucurak untuk menyambut datangnya Ramadhan. Tradisi berkumpul dan makan bersama antar kerabat dan keluarga tersebut kerap diadakan di Minggu terakhir sebelum memasuki bulan Ramadan. 

Cucurak dilakukan untuk menjalin silaturrahmi dan saling memaafkan antar masyarakat. Selain itu, cucurak juga merupakan bentuk rasa syukur terhadap rejeki yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Sebagai tradisi unik dari Bogor, jangan sampai kegiatan cucurak seperti ini hilang atau dilupakan, karena ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kerukunan antar masyarakat.

 

Sumber:

https://www.wego.co.id/berita/tradisi-di-indonesia-menyambut-bulan-ramadan/

wulan_Cucurak.jpg