Adat-istiadat & Ritual Tradisional

    Tanggal
    Sebagai titik pertemuan dari bermacam tradisi masyarakat di dunia, Kepulauan Indonesia memiliki beragam sistem tata nilai lokal, yang diartikulasikan dalam ritual dan upacara adat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ritual berkaitan dengan ritus atau tata cara dalam upacara keagamaan atau sesuatu hal dipercayai. Ia berhubungan dengan aspek spiritual dalam masyarakat setempat. Ritual tradisional ini umumnya ditujukan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan sosial, khususnya aspek spiritual dalam masyarakat dan/atau entitas adat setempat.

    Sejumlah ritual tradisional masih kerap dilakukan di berbagai daerah. Ia lazimnya dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti ketika musim tanam atau musim panen, bersih desa, larung sesaji, nyadran dan lain-lain. Biasanya orang-orang membawa “persembahan” ke tempat-tempat yang dikeramatkan. Dipimpin oleh tetua adat mereka melaksanakan ritual tertentu yang terkadang berupa bacaan kalimat-kalimat thoyyibah, dan adapula yang ditambah dengan mantra-mantra dan doa-doa permohonan keselamatan pada “penguasa” wilayah tersebut.

    Selain itu, beberapa hal terkait pemerintahan tradisional, hukum adat, dan sebagainya juga kita masukkan sebagai entri dari ritual budaya tradisional.